Advertorial

Implementasikan UU KIP, Pemkot Cilegon Gelar Dialog Capaian Pembangunan 2023

Kompas.com - 03/10/2023, 21:53 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menggelar kegiatan Dialog Capaian Pembangunan 2023 di Lapangan Cigeblag, Kelurahan Banjarnegara, Kecamatan Ciwandan, Banten, Selasa (3/10/2023).

Kegiatan dihadiri oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Cilegon Isra Miraj, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cilegon, tokoh masyarakat, agama, dan pemuda, perwakilan industri, serta ribuan warga dari enam kelurahan se-Kecamatan Ciwandan.

Pada kesempatan tersebut, Helldy memaparkan 10 program kerja yang masuk dalam janji kampanyenya.

Kesepuluh program tersebut meliputi penyediaan lapangan kerja, pembangunan ruang terbuka publik di kelurahan, beasiswa full sarjana, pembangunan puskesmas dengan fasilitas utilitas dan sumber daya manusia (SDM) yang andal, serta pembangunan fasilitas hobi dan komunitas.

Kemudian, pemberian honor RT dan RW sebesar Rp 1 juta per bulan, kenaikan tunjangan kinerja daerah aparatur sipil negara (ASN) sebesar 25 persen, kenaikan honor guru honorer dan madrasah sebesar 50 persen, pemberian dana stimulan operasional dewan kemakmuran masjid (DKM) sebesar Rp 10 juta per tahun, serta pemberian dana lingkungan RW sebesar Rp 100 juta per tahun.

"Pada prinsipnya, 10 program itu sudah kami realisasikan dengan baik. Kalaupun ada yang belum, hal itu karena sisa masa jabatan kami yang mestinya sampai 2026, tapi menjadi hanya sampai 2024," ucap Helldy seperti tertuang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (3/10/2023).

Pada sisa masa jabatannya, Helldy pun meminta masukan dari masyarakat untuk meningkatkan kinerja Pemkot Cilegon. Dengan demikian, pembangunan bisa sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

"Kami juga sudah mengetahui langsung saat para camat mempresentasikan program capaian di wilayahnya sejak Januari 2021 sampai September 2023. Apa yang belum ada kini menjadi ada. Alhamdulillah, tadi banyak sekali yang sudah dilakukan di Ciwandan," jelasnya.

Implementasi UU KIP

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Maman Mauludin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan implementasi dari amanah Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Dialog itu juga menjadi bukti pembangunan yang telah direalisasikan di Kota Cilegon.

Pada kesempatan tersebut, para pejabat yang hadir memaparkan secara langsung program yang sudah dan akan dilaksanakan Pemkot Cilegon kepada masyarakat.

"Dialog ini tidak sekadar mendengarkan pemaparan capaian pembangunan saja, tapi masyarakat juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya kepada Wali Kota," ujar Maman dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Maman menambahkan, Dialog Capaian Pembangunan 2023 akan digelar di seluruh kecamatan di Kota Cilegon. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi pembangunannya secara langsung kepada para pemimpin di Kota Cilegon.

"Saya mengapresiasi semua pihak yang ikut menyukseskan kegiatan ini. Mudah-mudahan, (kegiatan ini) dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Cilegon," katanya.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat membagikan door prize.Dok. Pemkot Cilegon Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat membagikan door prize.

Sebagai informasi, Dialog Capaian Pembangunan 2023 di Lapangan Cigeblag dihadiri lebih dari 3.000 orang. Jumlah ini didapat dari 3.000 lembar kupon door prize yang ludes sebelum acara berlangsung.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama kalangan industri yang sudah membantu menyediakan lebih dari 200 door prize, mulai dari barang-barang elektronik hingga satu unit sepeda motor," kata Camat Ciwandan Agus Ariyadi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com