Advertorial

Ini Alasan Videografer Aji Rizki Mewantara Lebih Memilih Sewa Kamera daripada Beli

Kompas.com - 05/10/2023, 14:43 WIB

KOMPAS.com - Di era digital seperti saat ini, videografi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Fungsinya tak sekadar menjadi dokumentasi kehidupan sehari-hari. Lebih dari itu, videografi kini bahkan telah merambah ke berbagai sektor industri, seperti hiburan dan pemasaran.

Kamera mirrorless pun sudah seperti barang wajib untuk menghasilkan karya video artsy. Sayangnya, harga kamera mirrorless cenderung mahal. Hal ini menjadi kendala bagi seseorang yang ingin menekuni videografi.

Sebenarnya, ada cara lain tanpa perlu memiliki kamera profesional untuk hal tersebut, yakni sewa kamera mirrorless . Bahkan, videografer profesional sekelas Aji Rizki Mewantara yang telah terlibat dalam berbagai proyek menarik memilih menyewa kamera ketimbang membeli.

Menurut Aji, sewa kamera mirrorless punya banyak manfaat. Berikut adalah di antaranya.

  1. Lebih fleksibel memilih kamera

Aji mengatakan, menyewa kamera membuat dirinya lebih fleksibel dalam memilih perangkat. Pasalnya, setiap proyek videografi biasanya membutuhkan spesifikasi kamera berbeda-beda.

Ilustrasi kamera.Dok. Freepik Ilustrasi kamera.

Dengan menyewa kamera, ia pun dapat selalu memilih perangkat terbaik untuk setiap proyek tanpa terikat pada pembelian kamera mahal.

  1. Hemat biaya awal

Seperti telah disinggung, membeli kamera berkualitas tinggi memerlukan investasi awal yang besar. Maka dari itu, menyewa kamera menjadi opsi yang realistis lantaran dapat menghemat uang.

“Harga sewa jauh lebih murah daripada biaya pembelian yang bisa mencapai puluhan juta rupiah. Hal ini memungkinkan saya untuk mengalokasikan sumber daya ke bagian produksi lain, seperti penyuntingan dan peralatan tambahan,” ujar Aji dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (3/10/2023).

  1. Dukungan teknis dan pembaruan teratur

Dengan menyewa kamera, Aji bisa mendapatkan solusi dengan mudah ketika menghadapi masalah teknis pada perangkat yang disewanya.

Selain itu, ia juga dapat mengambil keuntungan dari pembaruan kamera yang secara teratur diberikan oleh penyedia jasa sewa.

“Karena itu, saya bisa segera mengadopsi teknologi terbaru dalam industri videografi,” jelas Aji.

  1. Menghindari biaya perawatan dan pemeliharaan

Selain investasi awal yang besar, Anda juga perlu menyiapkan biaya perawatan rutin jika memiliki kamera sendiri. Biaya ini juga tergolong tak sedikit.

Ilustrasi mengambil gambar dengan kamera mirrorless.Dok. Pexels Ilustrasi mengambil gambar dengan kamera mirrorless.

Adapun dengan menyewa kamera, Aji tidak perlu mengalokasikan biaya perbaikan atau perawatan kamera.

Sewa kamera juga menguntungkan karena ia tak perlu menghabiskan waktu untuk menunggu kamera selesai diservis. Ia pun bisa fokus pada aspek kreatif pembuatan video.

  1. Ruang penyimpanan yang lebih sedikit

Jika memiliki kamera sendiri, Anda pun perlu menyediakan ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpannya. Hal ini berbeda jika Anda menyewa kamera. Sebab, perangkat akan dikembalikan ke penyedia setelah digunakan.

Itulah sejumlah alasan Aji lebih memilih menyewa kamera ketimbang membelinya. Untuk sewa kamera, Aji menyarankan FPS Rental di Kota Bekasi, Jawa Barat.

FPS Rental, kata Aji, menawarkan kenyamanan penyewaan dengan berbagai keuntungan, seperti menyediakan berbagai jenis kamera terbaru, harga yang terjangkau, dan menyertakan dukungan teknis yang kuat.

Dengan demikian, videographer dapat tetap fokus pada seni dan kualitas hasil karya tanpa harus khawatir tentang peralatan.

“Dalam dunia videografi yang kompetitif, memilih penyewaan kamera dari penyedia tepercaya seperti FPS Rental bisa menjadi langkah cerdas,” ucapnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com