Advertorial

Kemenkominfo Ajak Gen Z Bela Negara dengan Meningkatkan Kualitas Diri

Kompas.com - 06/10/2023, 17:26 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menggelar kegiatan Forum Diskusi Publik bertajuk “Gen Z Bela Negara, Emang Bisa?” di Kota Bandar Lampung, Kamis (5/10/2023).

Acara tersebut digelar untuk menumbuhkan sikap bela negara untuk kaum muda di Tanah Air, khususnya generasi Z (gen Z).

Ketua Tim Informasi dan Komunikasi Pertahanan Keamanan Kemenkominfo Dikdik Sadaka mengatakan, generasi muda sebagai penerus bangsa wajib untuk memiliki sikap bela negara.

"Sebagai generasi penerus, kita semua wajib untuk bela negara. Sebab, bela negara merupakan puncak dari dua faktor. Bela dirimu, bela keluargamu, lalu bela negaramu," tuturnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (6/10/2023).

Menurut Dikdik, generasi muda, khususnya gen Z, perlu meningkatkan kualitas diri untuk mengoptimalkan sikap bela negara.

"(Jika) kualitas diri meningkat, otomatis sudah bela keluargamu dan negaramu," ucapnya.

Ia juga mengingatkan kepada generasi muda bahwa sikap bela negara merupakan bentuk penghormatan terhadap jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, lanjut Dikdik, aksi bela negara juga memerlukan “senjata” berupa akal, pikiran, dan keterampilan atau skill.

Terkait hal tersebut, Dikdik mencontohkan kedua narasumber yang hadir dalam forum diskusi tersebut, yakni atlet Kota Lampung Hamid Fahmi dan kreator konten Rian Fahardhi Risyad.

Praktik bela negara selanjutnya, kata Dikdik, adalah dengan turut serta ikut memilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Jangan golput (golongan putih–tidak berpartisipasi dalam pemilu). Jika golput, berarti Anda tidak ikut serta dalam aksi bela negara," tegas Dikdik.

Pada kesempatan itu, Hamid Fahmi mengatakan bahwa wujud aksi bela negara dapat dimulai dengan membangun prestasi, mulai dari skala daerah, nasional, hingga tingkat internasional.

"(Aksi bela negara) bukan (selalu terlibat dalam) perang, tak perlu (selalu diartikan dengan) mengangkat senjata," tegas Hamid.

Hal senada juga dikemukakan Rian Fahardhi Risyad. Menurutnya, generasi muda saat ini menghadapi musuh yang tak terlihat.

"Mari kita bela diri kita sendiri dan menjadi versi terbaik diri kita sehingga 'cahaya' menyinari lingkungan sekitar kita," imbuh Rian.

Rian menuturkan, salah satu cara untuk meningkatkan kualitas diri adalah dengan lebih cermat dalam merespons dan membagikan isi konten di jagat maya.

“Bukan pada siapa yang membagi, melainkan lebih pintar menyimak esensi kontennya. Tunjukan kebaikan diri kita sendiri,” tandasnya.

Mulai 2023, Kemenkominfo menggandeng generasi muda untuk turut serta menyebarkan aksi bela negara melalui Forum Diskusi Publik. Kegiatan ini digelar untuk menciptakan generasi muda Indonesia agar lebih memahami bela negara, khususnya dalam kemampuan melihat ancaman dari dalam ataupun luar negeri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com