Advertorial

Gelar Pelatihan, PNM Pekanbaru Dampingi Nasabah Jadi Pahlawan Ekonomi Keluarga

Kompas.com - 08/10/2023, 20:07 WIB

KOMPAS.com – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menggelar pelatihan pengembangan kapasitas usaha (PKU) Akbar bertajuk “Ngopi Bareng UMKM Bumi Lancang Kuning” di Gedung PKM Universitas Riau, Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (7/10/2023).

Acara yang dihelat berkat kerja sama dengan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu diisi dengan dialog interaktif bersama 500 ibu-ibu nasabah Mekaar dan 100 account officer (AO).

Direktur Utama (Dirut) PNM Arief Mulyadi mengatakan bahwa nasabah PNM Mekaar merupakan pahlawan ekonomi keluarga dan sesama.

“Ibu-ibu merupakan pahlawan dalam menguatkan ekonomi berbasis kerakyatan. Kepedulian ibu-ibu dari usaha kecil mampu memajukan ekonomi nasional. Oleh sebab itu, kami berkomitmen untuk terus melakukan pendampingan,” ucap Arief dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (8/10/2023).

Pendampingan yang dilakukan PNM, lanjut dia, juga menyokong tiga pilar utama Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yakni pilar ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Pada kesempatan itu, Arief juga menilai bahwa penggabungan BRI Pegadaian PNM menjadi holding Ultra Mikro (UMi) dapat menjadi alat yang menguatkan para pelaku usaha ultra mikro di Indonesia.

“Hal itu selaras dengan komitmen PNM dalam memberikan tiga modal utama, yakni modal finansial, sosial, dan intelektual,” kata Arief.

Hal senada disampaikan Anggota Komisi VI DPR Jon Erizal. Menurutnya, sinergi ultra mikro dapat memberikan kesempatan kepada nasabah PNM Mekaar untuk meluaskan pasar sekaligus membuka peluang kolaborasi usaha nasabah.

Menurut Jon, PNM telah bekerja untuk pemberdayaan nasabah melalui pembiayaan dan pendampingan.

“Kedua hal itu merupakan dua sisi mata uang yang tidak boleh dipisahkan satu sama lain dalam pemberdayaan nasabah Mekaar,” ujar Jon.

Sebagai informasi, kegiatan pelatihan tersebut merupakan salah satu bentuk pemberdayaan yang diberikan PNM kepada para nasabah. Hingga pertengahan September 2023, PNM sudah merealisasikan 8.144 pelatihan PKU.

Kegiatan tersebut membahas mengenai literasi keuangan, serta esensi pemberdayaan dan peminjaman. Dengan demikian, nasabah dapat terus berinovasi dan naik kelas.

Adapun pelatihan itu dilakukan melalui pendekatan sederhana, mulai dari pemahaman mengenai pembukuan usaha yang baik dan benar, hingga pemasaran produk.

Pendekatan tersebut diharapkan dapat menjadi formula tepat bagi PNM untuk menjaga relasinya dengan 14,7 juta nasabah aktif di seluruh Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com