Advertorial

Pemkab Klaten Salurkan Bantuan Sosial kepada 630 Lansia Terlantar dan 235 ODKB

Kompas.com - 10/10/2023, 20:14 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah (Jateng), menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada 630 lanjut usia (lansia) terlantar dan 235 orang dengan kedisabilitas berat (ODKB).

Bantuan itu diserahkan secara langsung oleh Bupati Klaten Sri Mulyani di Pendopo Kabupaten Klaten, Selasa (10/10/2023).

Sri mengatakan, penyerahan bansos merupakan langkah nyata Pemkab Klaten dalam membantu memenuhi kebutuhan dasar bagi lansia dan ODKB di Kabupaten Klaten.

“Bantuan itu kami berikan setahun sekali. Semoga, program ini juga meningkatkan kepedulian keluarga dan masyarakat dalam pemenuhan hak lansia terlantar dan ODKB,” ujar Sri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Dia melanjutkan, jumlah lansia dan ODKB di Kabupaten Klaten tergolong banyak. Hal ini menjadi persoalan krusial yang harus ditangani bersama.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Klaten Much Nasir menambahkan, bansos tersebut diharapkan dapat mengurangi beban, memenuhi kebutuhan, serta meningkatkan kepedulian hak lansia terlantar dan ODKB.

Adapun lansia penerima bantuan harus memenuhi kriteria khusus, yakni berusia di atas 60 tahun, mengalami sakit, tidak memiliki sumber penghasilan, dan tidak terpenuhi kehidupan sehari-harinya.

Sementara, kriteria ODKB penerima bantuan adalah disabilitas yang tidak dapat direhabilitasi, tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari, dan tidak memiliki sumber penghasilan.

“Pencairan bantuan sosial dilaksanakan secara serentak, mulai Selasa hingga Sabtu (14/10/2023) di Kantor Cabang Bank Jateng. Ada pula mobil layanan Bank Jateng di halaman Pendopo Klaten sehingga penerima bantuan bisa melakukan pencairan,” kata Nasir.

Sebagai informasi, nilai bantuan yang diberikan kepada lansia berjumlah Rp 400.000. Artinya, secara total, bantuan ini mencapai Rp 252 juta.

Sementara, nilai bantuan yang diberikan kepada ODKB berjumlah Rp 1 juta sehingga total bantuan yang diberikan mencapai Rp 235 juta.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com