Advertorial

Kemarau Berkepanjangan, ASN di Pemkot Cilegon Gelar Salat Istisqa

Kompas.com - 11/10/2023, 11:14 WIB

KOMPAS.com – Wali Kota Cilegon Helldy Agustian bersama aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menginisiasi salat istisqa di halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Banten, Rabu (11/10/2023).

Helldy mengatakan, penyelenggaraan ibadah tersebut merupakan niat mulia untuk meminta turun hujan kepada Allah SWT di Kota Cilegon dan sekitarnya.

“Dalam beberapa bulan belakangan, Kota Cilegon dilanda cuaca panas. Jadi, saya mengajak ASN Kota Cilegon untuk ikut memanjatkan doa agar hujan turun,” kata Helldy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Doa dan salat istisqa, lanjut dia, merupakan bentuk ikhtiar sebagaimana yang diajarkan dalam agama Islam.

Pada kesempatan itu, Helldy juga mengajak masjid-masjid di Kota Cilegon untuk menggerakkan masyarakatnya menggelar salat istisqa dan bermunajat bersama.

"Semoga Allah meridai doa-doa kami dan menurunkan hujan. Saya percaya, doa adalah senjata bagi orang mukmin," ucap Helldy.

Adapun Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Purwakarta Kiai Haji (KH) Jazuli didaulat sebagai imam salat istisqa. Jazuli pun menyampaikan apresiasinya kepada Pemkot Cilegon. Pasalnya, ini merupakan kali pertama salat istisqa digelar.

"Ibadah tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkot Cilegon dalam upaya menurunkan hujan setelah panas berkepanjangan," tutur Jazuli.

Sementara, KH Inas Nasrullah yang bertindak sebagai khatib mengajak kaum muslimin untuk introspeksi dan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT.

"Bukan Allah tidak penyayang, melainkan manusia itu sendiri yang berubah menjadi sosok yang tak layak untuk disayang. Akhirnya, Allah akan memberikan kesulitan dan kesengsaraan. Marilah kita bertaubat kepada Allah. Perbanyak istigfar agar Allah memberikan kasih sayangnya kepada kita, salah satunya dalam bentuk air hujan," jelas Inas dalam khotbahnya.

Untuk diketahui, gelaran tersebut juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin, dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon Isro Miraj.

Hadir pula sejumlah kepala dinas, perwakilan unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), serta anggota MUI, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com