Advertorial

Tertinggi dalam Sejarah, UHC Kota Cilegon Capai 99,85 Persen

Kompas.com - 11/10/2023, 18:24 WIB

KOMPAS.com – Cakupan jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) di Kota Cilegon, Banten, mencapai 99,85 persen. Capaian ini merupakan angka tertinggi sejak Kota Cilegon berdiri 24 tahun silam.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga memiliki akses yang adil untuk pelayanan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Capaian UHC itu juga berarti hanya 0,15 persen masyarakat Kota Cilegon yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan. Kami terus berupaya agar seluruh warga terkover BPJS,” ujar Helldy dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (11/10/2023).

Dengan UHC di atas 95 persen, lanjut Helldy, masyarakat tidak perlu khawatir bila harus dirawat inap di rumah sakit (RS). Dia juga menjamin bahwa setiap warga Kota Cilegon akan mendapatkan pelayanan secara cepat jika harus dirawat inap.

Helldy menjelaskan, untuk mendapatkan perawatan di RS, masyarakat cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk.

“Dalam waktu maksimal 3x24 jam, masyarakat akan dilayani. Sebelum ada UHC, dibutuhkan waktu 14 hari,” ucap Helldy.

Helldy menambahkan, dengan UHC, masyarakat tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan walau menunggak iuran BPJS. Adapun tagihan perawatan akan ditanggung oleh Pemerintah Kota Cilegon.

Saat berada di luar kota, warga kota Cilegon pun tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan. Pasalnya, nomor induk kependudukan (NIK) masyarakat Kota Cilegon sudah terkoneksi dengan data BPJS.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon drg Ratih Purnamasari mengatakan, pembayaran iuran 67.000 warga Kota Cilegon ditanggung oleh Pemkot Cilegon.

"Mereka mendapatkan layanan kelas III. Meski demikian, kemudahan dan nilai manfaat yang diterima pasien masih sama. Walau setiap RS memiliki standar pelayanan berbeda, pasien BPJS kelas III mendapatkan dokter dan obat yang sama,” imbuh Ratih.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com