Advertorial

Tutup KBMKB di Desa Boto, Bupati Klaten Resmikan Jalan Karya Bhakti

Kompas.com - 12/10/2023, 16:52 WIB

KOMPAS.com - Bupati Klaten Sri Mulyani menutup rangkaian Karya Bhakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) ke-18 di di Lapangan Bentangan, Desa Boto, Kecamatan Wonosari, Kamis (12/10/2023). 

Usai acara penutupan, Bupati Klaten menandatangani prasasti pembangunan fisik KBMKB. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten sendiri telah meresmikan Jalan Karya Bhakti sepanjang 385 meter (m), lebar 3 m, serta tebal 12 sentimeter (cm).

“Jalan itu menghubungkan tiga desa, yaitu Desa Boto, Desa Bentangan, dan Desa Bulan,” kata Sri dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Sri memaparkan bahwa selain pembetonan jalan, Pemkab Klaten telah melakukan pembangunan talud sepanjang 345 m, tinggi 125 m, serta tebal 35 centimeter. Pihaknya juga telah menyelesaikan pembangunan jembatan dengan panjang 2,5 m dan lebar 3 m.

Selain pembangunan fisik, Pemkab Klaten juga telah menyelesaikan berbagai pembangunan nonfisik, seperti penyuluhan wawasan kebangsaan, narkoba, pelayanan posyandu, serta pelayanan KB.

“Saya berharap, warga Desa Boto dapat menjaga hasil-hasil pembangunan KBMKB ini agar selalu bermanfaat,” jelas Sri Mulyani.

Sementara itu, Perwira Pelaksana Rudi Saputra menyampaikan, terpilihnya Desa Boto sebagai KBMKB dilatarbelakangi terbatasnya akses jalan yang menghambat akses pertanian dan perekonomian di kawasan ini.

Pembangunan KBMKB, baik fisik maupun nonfisik, di Desa Boto telah rampung dilaksanakan. Kegiatan ini melibatkan 25 anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), 2 polisi, 4 teknisi, 3 aparat desa, serta 35 masyarakat. Dengan demikian, jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam program ini berjumlah 69 orang.

“Program tersebut dilaksanakan mulai 14 September 2023 hingga 12 Oktober 2023," tutur Rudi.

Penutupan KBMKB ke-18 dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, tokoh masyarakat, tokoh agama, Kepala Desa Boto beserta jajaran, serta organisasi wanita se-Kabupaten Klaten.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah di Balai Desa Boto bersama Forkopimda dan masyarakat Desa Boto.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com