Advertorial

Dukung Efisiensi Perputaran Arus Kas UMKM, Ninja Xpress Hadirkan Fasilitas Kirim Dulu Bayar Kemudian

Kompas.com - 13/10/2023, 12:32 WIB

KOMPAS.com – Perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, Ninja Xpress, menghadirkan fasilitas pengiriman paket dengan fitur kirim dulu bayar kemudian.

Fasilitas yang dapat diakses melalui aplikasi Ninja Biz itu dihadirkan untuk mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mengatur perputaran arus kas (cash flow).

Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa menyadari, salah satu tantangan yang dihadapi pelaku UMKM adalah pengelolaan arus kas keuangan.

“Jadi, kami menyediakan fasilitas pengiriman yang memberikan kemudahan pembayaran dengan metode kirim dulu bayar kemudian,” ujar Andi dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (12/10/2023).

Mengutip laporan MSME Empowerment 2022, sebanyak 83,8 persen pengusaha UMKM Indonesia telah memanfaatkan teknologi dalam mendukung berbagai kegiatan operasional bisnis mereka, mulai dari promosi hingga penggunaan jasa pengiriman.

Untuk mendukung transformasi digital UMKM, lanjut Andi, Ninja Xpress juga menyediakan berbagai kemudahan layanan yang dapat diakses melalui aplikasi Ninja Biz.

Layanan tersebut meliputi pelacakan paket secara real-time yang memungkinkan pengirim mengetahui lokasi paket serta metode pembayaran cash on delivery (COD) yang memungkinkan pengirim untuk menerima pembayaran langsung dari penerima begitu paket tiba.

“Dengan berbagai fitur itu, Ninja Biz memberikan solusi efisien serta nyaman dalam pengelolaan mengelola keuangan dan pengiriman logistik UMKM,” tutur Andi.

Destinasi pengiriman terbanyak layanan Ninja Xpress adalah Tangerang, Sumedang, dan Sukabumi. Dok. Ninja Xpress Destinasi pengiriman terbanyak layanan Ninja Xpress adalah Tangerang, Sumedang, dan Sukabumi.

Andi menambahkan, saat ini, 100.000 pengguna internet telah memasang aplikasi Ninja Biz pada smartphone mereka. Dari angka ini, lebih dari 35 persen di antaranya merupakan active shipper. Mereka telah mengirim paket dengan berat lebih dari 7.000 kg sepanjang September 2023.

Adapun destinasi pengiriman terbanyak adalah Tangerang, Sumedang, dan Sukabumi. Sementara, lokasi pengiriman terbanyak adalah Sukabumi, Jakarta, dan Bandung.

“Mayoritas paket yang dikirimkan menggunakan aplikasi Ninja Biz adalah kategori paket berukuran kecil dengan ukuran maksimal 20 x 11 x 7 cm atau rata-rata 2 kg per paket. Paket ini biasanya berisi kosmetik serta aksesori fesyen, seperti baju, jam tangan, dan kacamata,” jelas Andi.

Bulan UMKM

Guna mendorong pertumbuhan UMKM, Ninja Xpress menghadirkan program Bulan UMKM. Lewat program ini, Ninja Xpress memberikan diskon tambahan sebesar 30 persen tanpa syarat untuk pengiriman paket yang dikirimkan melalui Ninja Biz selama Oktober.

“Program tersebut bisa dimanfaatkan pelaku UMKM untuk melakukan pemesanan dan pengiriman barang melalui aplikasi yang tersedia di Google Play Store dan App Store itu,” kata Andi.

Melalui program Bulan UMKM Ninja Xpress juga menyediakan materi yang dirancang untuk memfasilitasi pertumbuhan UMKM.

Materi yang dapat diunduh di aplikasi Ninja Biz itu tersedia dalam dua seri. Pertama, seri artikel mini yang berisi rangkaian artikel singkat mengenai wawasan, kiat dan trik, serta strategi pertumbuhan bisnis.

Artikel tersebut membahas berbagai aspek yang dibutuhkan UMKM, mulai dari media sosial dan konten yang berhubungan dengan pemasaran hingga logistik. Dengan materi ini, UMKM diharapkan dapat meningkatkan eksistensi di era digital sehingga penjualan pun meningkat.

Kedua, materi lengkap bisnis yang berisi templat lembar kerja dan daftar cek bisnis untuk membantu UMKM merampingkan operasi harian mereka. Templat yang tersedia adalah manajemen inventaris stok, kalender media sosial, dan daftar periksa persiapan belanja online akhir tahun.

Beragam cerita mengenai Ninja Xpress dan geliat UMKM Indonesia bisa Anda temukan pada laman berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com