Advertorial

4 Tip Sukses Membangun Bisnis, Apa Saja?

Kompas.com - 13/10/2023, 13:54 WIB

KOMPAS.com – Tiap pemilik bisnis pasti menginginkan usaha yang dijalankannya berkembang dan sukses. Namun, tidak mudah mencapai tujuan tersebut.

Pengembangan bisnis merupakan sebuah proses panjang yang tidak hanya membutuhkan ide bisnis yang bagus dan inovatif, tetapi juga kerja keras, kesabaran, serta dedikasi.

Tidak ada “jalan pintas” untuk membawa bisnis menuju kesuksesan dalam waktu singkat. Meski begitu, dilansir dari investopedia.com, Senin (21/8/2023), terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan pemilik bisnis agar sukses membangun usaha.

Pertama, pahami risiko dan peluang. Saat terjun di dunia bisnis, Anda tidak hanya memikirkan potensi keuntungan yang didapat. Anda pun perlu memperhitungkan risiko yang mungkin terjadi. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan diri dengan melakukan manajemen risiko.

Dengan memahami risiko dan peluang yang mungkin terjadi, Anda juga bisa memperhitungkan waktu yang tepat untuk mengembangkan bisnis, seperti meluncurkan produk baru atau melakukan ekspansi.

Kedua, tingkatkan pelayanan pelanggan. Pelayanan terbaik kepada pelanggan merupakan aspek penting dalam kesuksesan bisnis. Pasalnya, pelanggan cenderung memilih bisnis atau perusahaan yang memberikan layanan lebih baik.

Bahkan, di tengah persaingan bisnis yang ketat saat ini, pelayanan pelanggan bisa menjadi faktor pembeda yang cukup besar antara bisnis Anda dengan kompetitor. Untuk itu, selalu tingkatkan pelayanan pelanggan. Jangan sungkan meminta masukan dari pelanggan.

Ketiga, kreatif. Seiring bisnis berjalan, jangan lupa untuk terus mengembangkan bisnis dengan cara yang kreatif agar selalu menonjol.

Caranya, selalu terbuka dengan ide-ide baru, tidak ragu untuk menerapkan pendekatan bisnis berbeda, dan jeli melihat peluang yang berpotensi pada pengembangan bisnis di masa depan.

Selain ketiga hal tersebut, aspek lain yang tidak boleh luput dalam membangun bisnis adalah manajemen arus kas (cash flow).

Dikutip dari laman velotrade.com, Senin (6/2/2023), manajemen cash flow dapat membantu bisnis mempertahankan modal kerja, likuiditas, dan dana untuk pertumbuhan serta ekspansi. Dengan memantau dan menganalisis arus kas secara teratur, pelaku bisnis dapat memproyeksikan arus kas di masa depan secara akurat.

Atur cash flow bisnis lebih mudah dengan Danamon Cash Connect

Untuk memudahkan mengatur cash flow, pebisnis dapat memanfaatkan layanan internet banking Danamon Cash Connect dari Danamon.

Platform tersebut merupakan versi baru dari internet banking Danamon untuk membantu pengelolaan keuangan bisnis dan transaksi perbankan secara aman, real-time, dan fleksibel. Danamon Cash Connect dapat diakses melalui smartphone, personal computer (PC), dan tablet dari mana saja dan kapan saja.

Dengan Danamon Cash Connect, Anda dapat mengecek dan memonitor seluruh transaksi dalam rekening bisnis. Anda dapat pula memantau mutasi rekening sampai periode 90 hari ke belakang dan mengunduh rekening koran secara bulanan.

Transaksi bisnis sehari-hari pun semakin mudah berkat kehadiran fitur yang memungkinkan pengguna menyetujui (approve) banyak transaksi sekaligus hanya dengan sekali klik.

Selain itu, pengguna Danamon Cash Connect juga bisa melakukan pembayaran atau pemindahan dana secara online ataupun batch (scheduler), baik antar-rekening Danamon maupun bank lain dengan mudah.

Untuk transaksi dalam negeri, Anda bisa memanfaatkan fitur online transfer, Sistem Kliring Nasional (SKN), Real-Time Gross Statement (RTGS), dan BI-FAST.

Anda juga bisa melakukan transfer valuta asing (valas) melalui Danamon Cash Connect dengan kurs yang kompetitif. Platform ini juga menyediakan informasi mengenai nilai tukar mata uang asing terhadap rupiah.

Untuk urusan membayar tagihan, Anda juga tidak perlu repot berpindah-pindah aplikasi. Sebab, dengan Danamon Cash Connect, Anda bisa membayar berbagai tagihan secara langsung, mulai dari tagihan listrik, virtual account (VA), BPJS Kesehatan, hingga internet.

Tak ketinggalan, berkat fitur Payroll, Anda juga bisa melakukan pembayaran gaji karyawan secara mudah, baik ke rekening Danamon (overbooking) maupun ke bank lain menggunakan SKN atau RTGS. Transaksi ini bisa dilakukan satu per satu ataupun banyak transaksi sekaligus.

Seluruh aktivitas finansial bisnis itu pun bisa Anda lakukan dengan aman berkat sistem two-factor authentication, yakni menggunakan password untuk login dan security token pada setiap otorisasi transaksi. Ada dua tipe token yang dapat dipilih, hard token atau mobile token.

Itulah beragam keunggulan yang dimiliki Danamon Cash Connect. Cukup dengan satu platform, Anda bisa mengelola cash flow bisnis dengan aman dan mudah.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Danamon Cash Connect, silakan kunjungi link berikut

Sementara itu, informasi seputar solusi finansial lain dari Danamon Expert bisa didapat dengan mengikuti seri Danamon Financial Friday yang tayang setiap Jumat di kanal YouTube Bank Danamon dan Vidio.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com