Advertorial

Sebelum Beli, Pahami Tipe Garansi iPhone 15 di Indonesia

Kompas.com - 14/10/2023, 10:26 WIB

KOMPAS.com - Popularitas iPhone di mata pencinta gadget memang tidak bisa diragukan. Sejak seri ketiga diluncurkan pada 2008, seri terbaru smartphone dari Apple ini kerap ditunggu-tunggu.

Teranyar, Apple baru saja meluncurkan iPhone 15 secara global acara Apple Event bertajuk “Wonderlsut” di Amerika Serikat (AS), Rabu (13/9/2023). Smartphone teranyar Apple ini diprediksi akan segera masuk pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Karena populer, banyak iPhone versi “rekondisi” dan handphone copy draw (HDC) atau supercopy dijual di pasaran dengan harga di bawah normal. Untuk diketahui, iPhone rekondisi merupakan produk yang sudah pernah dipakai dan kemudian diperbaiki sebelum dijual.

Berbeda dengan iPhone “refurbish” yang diperbaiki oleh Apple, iPhone rekondisi dikerjakan oleh pihak tidak resmi. Karena itu, harganya lebih terjangkau. Akan tetapi, iPhone rekondisi kemungkinan dapat mengalami berbagai masalah kembali, seperti baterai tidak berfungsi dengan baik atau cepat panas.

Kemudian, iPhone HDC merupakan ponsel tiruan atau palsu. Bisa dikatakan, iPhone HDC merupakan versi KW atau tiruan.

Dari desain, iPhone HDC dibuat semirip mungkin dengan versi asli. Bahkan, desain antarmuka sistem operasinya pun juga dibuat mirip. Hanya saja, bodi ponsel tersebut terasa ringkih. Sistem operasinya juga tidak bekerja se-smooth versi asli.

Biasanya, iPhone HDC atau supercopy dijual dengan harga 1-2 juta. Harga yang tidak masuk akal untuk iPhone asli.

Supaya terhindar dari produk-produk iPhone tersebut, konsumen sebaiknya membeli iPhone di distributor resmi serta mempelajari jenis-jenis garansinya.

  1. Daftar distributor resmi

Saat ini, terdapat tiga distributor resmi Apple di Indonesia atau Apple Authorized Reseller Indonesia, yakni Blibli, iBox, dan Digimap. Blibli yang dimiliki Grup Djarum menjadi distributor resmi Apple di Indonesia sejak awal 2023.

Selain Blibli, terdapat juga iBox yang merupakan anak perusahaan Erajaya Group dan DIGIMAP milik Mitra Adi Perkasa (MAP).

  1. Garansi bersifat internasional

Garansi produk-produk Apple, termasuk iPhone, bersifat internasional. Dengan demikian, konsumen yang membeli produk iPhone 15 dari Blibli di Indonesia bisa mendapatkan layanan servis Apple Service Provider di berbagai belahan dunia.

Ilustrasi customer service Apple. DOK. Apple Ilustrasi customer service Apple.

Untuk bisa melakukan servis dan klaim garansi di negara lain, iPhone yang dimiliki harus dalam masa garansi Apple. Pelaksanaan garansi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan Apple.

  1. Daftar Apple Authorized Service Provider di Indonesia

Distributor resmi Apple di Indonesia memiliki mitra resmi untuk melakukan servis iPhone atau Apple Authorized Service Provider (AASP). AASP terdiri dari dua jenis partner, yakni AASP Independent dan AASP Reguler.

AASP Independent merupakan perusahaan yang menjalankan kemitraan dengan Apple hanya dalam hal service provider saja. Beberapa nama service partner ini adalah Mitracare dan QCD. Kedua perusahaan ini memiliki otoritas lebih tinggi dari Apple dalam memperbaiki kerusakan pada iPhone.

Sebagai contoh, jika produk iPhone mengalami kerusakan dengan tingkat lebih tinggi, AASP Regular akan mengalihkan perbaikan HP tersebut ke Mitracare dan QCD.

Sementara itu, AASP Regular merupakan perusahaan yang menjalankan kemitraan dengan Apple dalam service provider dan retail penjualan. Contoh perusahaan ini adalah iBox, Story-i, dan Digimap.

Untuk menjaga netralitas, Apple membatasi fungsi service provider yang dimiliki partner tersebut. AASP Regular hanya bisa melakukan perbaikan kerusakan tingkat rendah pada iPhone.

Jika tingkat kerusakan lebih sulit, AASP Regular akan meneruskan iPhone kepada AASP Independent untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Untuk diketahui, konsumen yang membelikan iPhone di distributor resmi dapat melakukan servis di seluruh AASP di Indonesia.

Sebagai contoh, pelanggan yang membeli iPhone dari Blibli dapat menyervis iPhone di Mitracare, QCD, iBox, Story-i dan Digimap. Begitu juga dengan produk iPhone yang dibeli di distributor resmi lainnya.

Jadi, pastikan Anda membeli produk Apple dari authorized reseller, seperti Blibli, Hello Store, iBox, dan Digimap. Selain mendapatkan produk original, konsumen juga bisa mendapatkan layanan servis serta purnajual yang prima.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com