Advertorial

Gelar Dialog Temu Alumni, Prakerja dan LPK GeTI Incubator Bersinergi Dukung Pembelajaran Sepanjang Hayat di NTT

Kompas.com - 17/10/2023, 14:01 WIB

KOMPAS.com – Dalam rangka mempromosikan kampanye lifelong learning yang mengusung perspektif pembelajaran sepanjang hayat, Prakerja bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) GeTI Incubator menggelar dialog bertajuk “Temu Alumni Prakerja Daerah NTT: Belajar Sepanjang Hayat” di Hotel NEO Eltari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (7/10/2023).

Tak hanya menjadi sarana untuk terhubung langsung dengan para alumni Prakerja, acara tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang program Prakerja di kalangan pemangku kepentingan kunci di setiap daerah, salah satunya di NTT.

Kegiatan tersebut dihadiri lebih kurang 300 peserta dan berhasil mengumpulkan para alumni Prakerja, komunitas lokal, tokoh masyarakat, serta pemimpin daerah setempat.

Sebagai bagian integral dari kampanye dengan tagar #IamALifelongLearner, inisiatif kolektif yang dijalankan oleh dua pihak itu menekankan pentingnya pembelajaran berkelanjutan dan pengembangan keterampilan dalam dunia kerja yang dinamis.

Direktur Hukum, Umum, dan Keuangan Program Kartu Prakerja Sidiq Juniarso mengatakan, sebagai pihak utama dalam upaya tersebut, Prakerja optimistis acara tersebut dapat memberikan kontribusi positif.

Sidiq menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung peluang pembelajaran sepanjang hayat bagi semua masyarakat Indonesia.

“Acara ini merupakan langkah signifikan untuk mencapai tujuan kami dalam meningkatkan keterampilan kerja alumni Prakerja sambil mendorong kolaborasi dengan para pemimpin lokal," ujarnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (16/10/2023). 

Hal senada diungkapkan Direktur Akademik, Inkubasi, dan Bisnis LPK GeTI Incubator Divera Wicaksono. Ia mengatakan, pihaknya percaya bahwa pembelajaran tidak boleh berhenti di sekolah. Sebab, pembelajaran sepanjang hayat adalah kunci pertumbuhan pribadi dan kesuksesan profesional.

“Melalui program ini, kami ingin memberdayakan alumni Prakerja dan masyarakat setempat untuk merangkul budaya pembelajaran berkelanjutan," terangnya.

LPK GeTI Incubator membagikan beasiswa senilai Rp 250 juta kepada 200 alumni Prakerja di daerah NTT. dok. GeTI LPK GeTI Incubator membagikan beasiswa senilai Rp 250 juta kepada 200 alumni Prakerja di daerah NTT.

Pada kesempatan sama, LPK GeTI Incubator turut membagikan beasiswa senilai Rp 250 juta kepada 200 alumni Prakerja di daerah NTT.

Divera menjelaskan, para alumni Prakerja itu akan mendapatkan beasiswa dalam bentuk pelatihan bersertifikasi, termasuk uji kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), inkubasi selama satu bulan, tergabung ke dalam ekosistem GeTI Lifelong Learning, serta menjadi anggota Jaringan YouTuber Desa.

“Kami harap, beasiswa ini dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mereka untuk (terjun ke) dunia kerja dan usaha,” kata Divera.

Sebagai informasi, acara dialog tersebut diisi sesi interaktif, diskusi, dan lokakarya. Para peserta pun memiliki kesempatan untuk terhubung, berbagi pengalaman, dan menjelajahi berbagai peluang yang diberikan oleh Prakerja.

Acara itu diharapkan dapat membangun interaksi dan dialog yang baik antara alumni Prakerja, masyarakat, dan pemangku kebijakan di daerah. Utamanya, mengenai kebermanfaatan program Prakerja serta menguatkan soliditas berbagai pihak dalam mendukung keberlanjutan program tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai LPK GeTI Incubator, silakan hubungi WhatsApp Customer Service LPK GeTI Incubator di nomor 0811-9309-114 atau kunjungi website https://s.id/GETILifelongLearning.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com