Advertorial

Perkuat Komitmen, LIXIL Siap Menjawab Kebutuhan Peralatan dan Teknologi Sanitasi Berkelanjutan di Indonesia

Kompas.com - 17/10/2023, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan pionir teknologi air dan perlengkapan perumahan, menegaskan komitmennya terhadap pasar Indonesia. Teranyar, LIXIL mencatatkan nilai penjualan produk sebesar 11 miliar dollar Amerika Serikat (AS) di 150 negara.

Melalui pencapaian tersebut, LIXIL ingin mencapai tujuan perusahaan untuk mewujudkan tempat tinggal yang lebih baik bagi semua orang di mana saja.

Sebagai informasi, LIXIL memiliki dua bisnis utama di Indonesia, yakni LIXIL Water Technology (LWT) dan LIXIL Housing Technology (LHT). LWT berfokus pada pembuatan produk kamar mandi dan dapur yang dirancang khusus dengan penuh makna. Sementara itu, LHT memproduksi berbagai produk berkaitan dengan eksterior dan interior perumahan untuk menciptakan tempat tinggal yang nyaman bagi semua orang.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Chief Executive Officer (CEO) LIXIL Corporation, Kinya Seto, mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar utama bagi LIXIL di Asia Tenggara. Pasalnya, Indonesia memiliki kondisi perekonomian yang dinamis dan terus bertumbuh. Selain itu, menurutnya, konsumen di Indonesia memiliki aspirasi akan tempat tinggal yang lebih baik.

“Kami terus memperluas penawaran kami melalui merek-merek terkemuka, seperti American Standard, GROHE, INAX dan TOSTEM. Merek-merek ini telah dipercaya konsumen untuk memberikan kenyamanan, higienitas, dan relaksasi," ujarnya ditemui di Showroom LIXIL di Palma Tower, Rabu (4/10/2023).

Rangkaian produk sanitasi dari INAX. KOMPAS.COM/YOGARTA AWAWA PRABANING ARKA Rangkaian produk sanitasi dari INAX.

Sebagai pemimpin industri global, lanjut Seto, LIXIL mengemban tanggung jawab untuk menyediakan produk terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.

Ia pun merasa bangga karena produk-produk LIXIL telah menyentuh kehidupan dipakai oleh lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia setiap harinya.

“Kami percaya, LIXIL memiliki potensi untuk melakukan lebih banyak lagi (inovasi),” ujarnya

Seto melanjutkan bahwa LIXIL senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan upaya penelitian dan pengembangan demi menciptakan produk yang hemat energi, tahan lama, dan berkelanjutan sesuai harapan konsumen. Hal ini sejalan dengan semangat berkelanjutan yang menjadi fokus konsumen masa kini.

Sebagai informasi, pabrik LIXIL di Indonesia memproduksi produk dengan standar kualitas global untuk memenuhi permintaan lokal dan pasar ekspor. Seiring dengan meningkatnya investasi dan renovasi rumah di Indonesia, LIXIL memiliki beragam produk dan solusi untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

“Termasuk dalam mendukung upaya transformatif pemerintah untuk mengembangkan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara," tambahnya.

Sementara itu, Leader of LWT for Asia Pacific Satoshi Konagai mengatakan bahwa produk-produk LIXIL mewakili tiga aspek, yakni kesehatan dan kebaikan, urbanisasi, serta keberlanjutan.

Menurutnya, kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semakin meningkat pasca Covid-19, terlebih kamar mandi merupakan tempat untuk membersihkan badan setelah beraktivitas. Oleh karena itu, LIXIL menyediakan produk sanitasi dan sistem pengairan inovatif menggunakan sensor dengan teknologi canggih.

Pada aspek urbanisasi, LIXIL menjawab kebutuhan konsumen melalui produk perlengkapan perumahan berkualitas tinggi untuk mengatasi ruang bangunan yang kian sempit. Produk-produk LIXIL mampu membuat ruang kamar mandi yang kompak tetap nyaman berkat desain, kualitas, serta inovasi produk.

“Sementara itu, pada aspek keberlanjutan, produk-produk kami terus mengalami perkembangan agar dapat memenuhi tren penghematan energi, penghematan air, ekonomi berkelanjutan, dan emisi CO2 netral,” ujar Satoshi.

Inovasi produk Aquasymphony dari GROHE. KOMPAS.COM/YOGARTA AWAWA PRABANING ARKA Inovasi produk Aquasymphony dari GROHE.

Marketing Director LWT Indonesia Arfindi Batubara menambahkan bahwa LIXIL berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam menciptakan kamar mandi yang tidak hanya berkualitas tinggi, tapi juga ramah lingkungan.

Dengan memproduksi perlengkapan rumah tangga berkualitas dan ramah lingkungan, LIXIL turut mendukung masa depan industri sanitasi Indonesia yang lebih berkelanjutan.

LIXIL senantiasa menerapkan prinsip Monozukuri untuk seluruh lokasi produksi di belahan dunia. Melalui prinsip ini, LIXIL tidak hanya menawarkan produk berkualitas, tapi juga meningkatkan efisiensi waktu dalam proses produksi dan mengurangi biaya dalam menciptakan produk-produk yang unggul.

“Hal tersebut demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan,” kata Arfindi.

Implementasi Aspek Berkelanjutan

Pada Oktober 2023, lanjut Arfindi, LIXIL dengan bangga memperkenalkan koleksi American Standard LOVEN. Produk ini memiliki desain kohesif dan estetik. Dengan demikian, cocok dengan berbagai gaya kamar mandi, terutama untuk kehidupan perkotaan.

Ke depan, LIXIL berencana memperluas kemampuan produksi lokal dengan membangun pabrik GROHE di Indonesia.

“Inisiatif tersebut akan memperkuat komitmen kami untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia," tegas Arfindi.

Kehadiran LIXIL di Indonesia telah memberikan solusi untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satunya melalui produk American Standard DuoSTIXTM yang memiliki fungsi ganda, yakni hand shower dan hygiene spray.

Dengan kedua fungsi tersebut, American Standard DuoSTIXTM dapat digunakan untuk membersihkan diri. Semprotan jet spray yang kuat juga membuat penggunanya dapat membersihkan area kamar mandi, bahkan pada tekanan air yang rendah dengan teknologi PressurePLUSTM.

Sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), LIXIL telah menjalankan Visi Lingkungan 2050. Inisiatif ini bertujuan mengurangi emisi karbon dioksida (CO2), mulai dari proses bisnis, pembuatan produk, hingga pelayanan dengan target emisi nol bersih.

Beragam Peralatan Sanitasi dari LIXIL. KOMPAS.COM/YOGARTA AWAWA PRABANING ARKA Beragam Peralatan Sanitasi dari LIXIL.

LIXIL juga berupaya untuk mencapai SDGs poin 6, yaitu memastikan sanitasi dan air bersih untuk semua. Hingga April 2023, merek SATO dari LIXIL telah menawarkan solusi sanitasi dan kebersihan yang telah menjangkau 45 juta orang di seluruh dunia. Merek ini telah diperkenalkan di pasar Indonesia pada Mei 2023.

Selain itu, LIXIL konsisten bekerja sama dengan komunitas arsitek dan desainer Indonesia untuk berpartisipasi dalam berbagai acara berskala global, seperti World Architecture Festival (WAF) dan Asia Pacific Property Awards.

LIXIL juga menggelar LIXIL Day of Architecture and Design (LDAD) untuk mendorong implementasi arsitektur dan desain berkelanjutan di Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com