Advertorial

Berikan Penilaian Sekolah Sehat, Tim Pembina UKS/M Kalsel Kunjungi Kabupaten Tanah Laut

Kompas.com - 18/10/2023, 15:56 WIB

KOMPAS.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Laut (Tala) Dahnial Kifli menyambut Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/M) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam rangka penilaian lomba sekolah sehat, dokter kecil, dan kader kesehatan remaja Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2023.

Acara dilakukan pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pabahanan, Kecamatan Pelaihari, Senin (16/10/2023).

Dalam sambutannya, Dahnial mengatakan bahwa penilaian yang dilakukan oleh Tim Pembina UKS/M Kalsel dapat memotivasi sekolah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang ada.

"Kami berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan pelayanan UKS/M di sekolah atau madrasah serta dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah ini," kata Dahnial lewat siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (18/10/2023).

Selanjutnya, ia juga berharap kegiatan yang dilakukan melalui Trias UKS/M, meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat, dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Keberadaan UKS/M di sekolah bertujuan menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis pada peserta didik," tutur Dahnial.

Acara Penilaian Sekolah sehat di UPTD SD Negeri Pabahanan, Kecamatan Pelaihari pada, Senin (16/10/2023) Dok. Pemkab Tanah Laut Acara Penilaian Sekolah sehat di UPTD SD Negeri Pabahanan, Kecamatan Pelaihari pada, Senin (16/10/2023)

Sebagai informasi, gelaran lomba sekolah sehat, dokter kecil, dan kader kesehatan remaja pada 2023, diikuti Kabupaten Tala dengan mengirim dua sekolah perwakilan pada tingkat Kalsel, yakni UPTD SDN Pabahanan dan UPTD Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Bati-Bati. Dua sekolah ini dipilih setelah hasil evaluasi pembinaan dan penilaian yang dilaksanakan oleh tim, di antaranya Dinas Kesehatan (Dinkes) Tala, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tala, dan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Sekretariat Daerah (Setda) Tala. (Diskominfo Tala).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com