Advertorial

Aktris Kezia Aletheia Ungkap Cerita Keuntungan Usai Jadi Nasabah Bank Digital

Kompas.com - 19/10/2023, 08:00 WIB

KOMPAS.com – Baru-baru ini, aktris Kezia Aletheia mengunggah konten di media sosial (medsos) TikTok tentang pengalaman transformasi digitalnya. Kezia mengaku, setelah melakukan transformasi digital, ia mendapatkan banyak kemudahan dan keuntungan.

Dalam layanan perbankan, misalnya, Kezia mengaku senang telah menjadi nasabah bank digital. Menurutnya, beberapa produk dan layanan bank digital tidak jauh berbeda dengan bank konvensional. Perbedaannya, kata Kezia, layanan bank digital dapat diakses kapan dan di mana saja.

“Sudah begitu, (bank digital menawarkan) banyak (program) gratis, mulai dari gratis biaya admin hingga gratis ongkos kirim saat belanja,” tutur Kezia.

Kezia bercerita, dulu ia terdaftar sebagai nasabah bank konvensional. Akan tetapi, beberapa waktu terakhir, ia rajin mencari informasi tentang layanan bank digital di Indonesia.

Setelah mengetahui bahwa bank digital di Indonesia telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Kezia semakin percaya dan merasa aman untuk menggunakan bank digital.

“Akhirnya, saya mendaftar menjadi nasabah SeaBank Indonesia. Prosesnya cepat banget, cuma tiga menit lewat handphone. Jadi, enggak perlu datang ke kantor cabang seperti bank lain,” katanya.

Alasan memilih SeaBank

Dari sekian banyak bank digital, Kezia menjatuhkan pilihan pada SeaBank karena beberapa alasan. Pertama, penawaran bunga tabungan yang lebih besar ketimbang bank konvensional lain. Terlebih, pencairan bunga di SeaBank bisa dilakukan setiap hari.

Kezia merasa dirinya diuntungkan karena uang yang ia taruh di bank dapat tetap mendatangkan bunga, meskipun nominalnya berubah karena sudah digunakan.

“Bunga cair setiap hari tuh menarik banget. Walaupun nominal tabungannya berubah karena dipakai untuk transfer atau bayar QRIS, tetap bisa berbunga setiap hari. Saya merasa uang yang disimpan benar-benar dihargai di SeaBank,” ucap Kezia.

Kedua, kemudahan melakukan aktivitas perbankan menggunakan handphone. Kezia mengaku, sejak menjadi nasabah bank digital, ia bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan secara mudah.

Dengan menggunakan satu aplikasi SeaBank, ia bisa melakukan transfer ke bank lain hingga 100 kali gratis biaya admin, top-up e-wallet gratis hingga 100 kali tanpa biaya admin, serta membayar berbagai transaksi dengan fitur QRIS SeaBank.

Kezia Aletheia mengatakan, bank digital terbukti aman dan memberikan banyak penawaran, seperti gratis biaya admin untuk transfer ke mana saja.dok. Instagram/KeziaAletheia Kezia Aletheia mengatakan, bank digital terbukti aman dan memberikan banyak penawaran, seperti gratis biaya admin untuk transfer ke mana saja.

Ketiga, akses instrumen investasi dari aplikasi. Kezia bercerita, ia dapat melakukan pembelian instrumen investasi secara langsung dari aplikasi SeaBank. Ia juga bisa memilih besaran bunga yang diinginkan berdasarkan jangka waktu deposito sesuai kebutuhannya.

Sebagai contoh, di SeaBank, Kezia bisa memilih produk deposito dengan jangka waktu enam bulan dan besaran bunga hingga enam persen per tahun.

“Perbedaan lain yang mencolok ketika melakukan transformasi digital di layanan keuangan adalah semuanya jadi mudah. Mudah buat transfer, bayar tagihan, investasi, sampai bayar ini itu pakai QRIS. Semuanya all in one dari satu aplikasi SeaBank. Pokoknya, untung banget!” kata Kezia.

Tip belanja hemat di e-commerce ala Kezia

Selain itu, kehadiran bank digital juga semakin memudahkan aktivitas Kezia yang sering berbelanja di e-commerce. Kezia mengaku, ia biasa membeli berbagai kebutuhan, mulai dari pakaian, aksesori, hingga makanan dan minuman melalui platform belanja online, seperti Shopee.

Meski intensitas belanja cukup sering, tidak lantas membuat Kezia pusing. Pasalnya, dengan menggunakan bank digital, ia tetap bisa berbelanja dengan hemat. Ia pun membagikan rahasia untuk belanja hemat di e-commerce.

“Caranya, pakai promo gratis ongkir dan diskon yang sering saya dapat sejak jadi nasabah SeaBank. Misalnya, saat berbelanja di Shopee, wajib bayar pakai SeaBank karena selalu gratis ongkir dan sering dapat diskon tambahan. Dengan begitu, total (harga) belanjaan bisa jadi lebih murah,” ungkap Kezia.

Kezia menyadari bahwa transformasi digital dalam layanan keuangan dan perbankan merupakan bagian dari perkembangan zaman. Ia pun menilai, kemunculan berbagai bank dengan layanan digital mampu memberikan kemudahan bagi nasabah.

Meski demikian, menurutnya, terdapat aspek yang harus diperhatikan sebelum mendaftar sebagai nasabah bank digital. Salah satunya adalah aspek keamanan.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk mencari informasi terkait bank yang ingin dituju terlebih dahulu sebelum memutuskan membuka rekening atau menggunakan produk dan layanannya.

“Saran saya, cari bank dengan layanan digital yang terdaftar dan diawasi oleh OJK serta sudah menjadi peserta LPS, seperti SeaBank Indonesia, supaya kita tenang,” pesan Kezia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com