Advertorial

Kereta Panoramic Tawarkan Perjalanan dengan Sensasi Pemandangan yang Berkesan

Kompas.com - 19/10/2023, 11:18 WIB

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meluncurkan layanan Kereta Panoramic pada pertengahan 2023. Kereta yang pertama kali ada di Indonesia ini dibuat dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama.

Kereta Panoramic memiliki kaca yang sangat lebar dan menggunakan kaca tipe duplex tempered. Jenis kaca ini tidak akan pecah dan tidak akan langsung buyar, meski terjadi benturan keras.

Melalui kaca tersebut, penumpang bisa melihat pemandangan yang sangat luas, menyenangkan, dan aman. Hal ini bisa memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

Direktur Utama PT Kereta Api Pariwisata (KAIWisata) Hendy Helmy menyampaikan bahwa sebagai anak perusahaan KAI yang ditunjuk untuk mengelola Kereta Panoramic, pihaknya terus melakukan evaluasi dan perbaikan.

Upaya itu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas pelayanan bagi para penumpang setia Kereta Panoramic. Salah satunya adalah mengurangi kursi penumpang dari 46 tempat duduk menjadi 38 seat.

Dengan pengurangan tersebut, penumpang diharapkan bisa mendapatkan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan. Penumpang bisa melihat pemandangan alam, pegunungan yang indah, jembatan yang tinggi, serta terowongan yang panjang dengan lebih leluasa melalui jendela tersebut.

KAIWisata juga menambahkan mini pantry sebagai tempat sajian snack, makanan, dan minuman yang akan diberikan oleh petugas Train Attendant Pramugari (TAP) ke para penumpang Kereta Panoramic.

Untuk keamanan bagasi, setiap penumpang akan diberikan luggage tag atau tag bagasi sebagai tanda pengenal yang disematkan pada barang bawaan penumpang, seperti koper atau tas.

Dalam pengeporasian Kereta Panoramic, KAIWisata menerapkan pola perjalanan yang sama dengan kereta wisata, yakni FIT (perorangan) dan pola carter atau sewa.

Untuk pola perorangan, kereta Panoramic berjalan setiap hari dan dirangkaikan dengan perjalanan kereta api Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir (PP). Kereta Panoramic juga dirangkaikan dengan kereta relasi Bandung-Surabaya Gubeng (PP) pada akhir pekan.

Berikut adalah jadwal perjalanan Kereta Panoramic.

Jadwal Kereta Panoramic tiap hari:

  • KA Argo Parahyangan Panoramic (43 Pc) keberangkatan Bandung pukul 06.00 WIB dan tiba di Gambir Pukul 08.45 WIB.
  • KA Argo Parahyangan Panoramic (44 Pc) keberangkatan Gambir pukul 09.30 WIB dan tiba di Bandung pukul 12:26 WIB.
  • KA Argo Parahyangan Panoramic (45 Pc) keberangkatan Bandung pukul 16.10 WIB dan tiba di Gambir pukul 18.56 WIB.
  • KA Argo Parahyangan Panoramic (46 Pc) keberangkatan Gambir pukul 19.45 WIB dan tiba di Bandung pukul 22.30 WIB.

Jadwal Kereta Panoramic pada akhir pekan:

  • KA Argo Wilis Panoramic (6 Pc) keberangkatan Bandung pukul 07.40 WIB dan tiba di Surabaya Gubeng pukul 17.35 WIB (Berjalan di hari Jumat)
  • KA Turangga Panoramic (65 Pc) keberangkatan Surabaya Gubeng pukul 20.00 WIB dan tiba di Bandung pukul 06.17 WIB (Berjalan di hari Jumat)
  • KA Turangga Panoramic (66 Pc) Keberangkatan Bandung pukul 18.10 WIB dan tiba di Surabaya Gubeng pukul 04.21 WIB (Berjalan di hari Sabtu)
  • KA Argo Wilis Panoramic (5 Pc) Keberangkatan Surabaya Gubeng pukul 08.15 WIB dan tiba di Bandung pukul 18.08 WIB (Berjalan di hari Minggu).

Tiket Kereta Panoramic dapat dipesan melalui KAI Access, website resmi KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lain. Tarif tiket perorangan untuk relasi Gambir-Bandung atau sebaliknya dibanderol mulai dari Rp 450.000.

Sementara, untuk pola perjalanan carter, pengguna bisa memesan dengan menghubungi Veronika di Nomor +62811 1220 7206, Annisa +62 811 1220 7207, dan Tiko +62811 1220 7209, atau kontak bisnis KAIWisata +62 811-1220-7227.

Harga sewa atau tarif untuk pola carter disesuaikan berdasarkan jarak perjalanan, mulai dari harga Rp 40.000.000 untuk relasi terdekat, yaitu Gambir-Bandung atau sebaliknya.

Hendy Helmy menambahkan, penumpang Kereta Panoramic akan mendapatkan layanan khusus berupa fasilitas ruang tunggu di luxury lounge Stasiun Gambir. Di sana, penumpang bisa menikmati coffee break dan snack secara gratis.

Kemudian, penumpang juga bisa menikmati fasilitas di kereta berupa makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma. Untuk internet, penumpang dapat menikmati layanan free WiFi.

Ada pula kursi yang nyaman, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, rak bagasi khusus di ujung kereta.

“Sepanjang perjalanan, penumpang dapat menikmati panorama pemandangan yang indah dan menyenangkan karena Kereta Panoramic memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis. Hal ini memberikan pengalaman perjalanan yang menarik dan berkesan,” tambah Hendy.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com