Advertorial

Orangtua Wajib Tahu, Ini 4 Manfaat Asuransi Jiwa bagi Masa Depan Anak

Kompas.com - 19/10/2023, 12:48 WIB

KOMPAS.com - Setiap orangtua tentu ingin melindungi masa depan anak-anaknya dengan memberikan pendidikan berkualitas. Dengan bekal pendidikan, anak dapat menggali potensi diri serta memaksimalkannya untuk meraih peluang karier cemerlang di masa depan.

Bekal tersebut bisa disiapkan dengan mengikutsertakan anak dalam bimbingan belajar (bimbel), kursus bahasa asing, menyediakan referensi buku penunjang, serta melirik sekolah serta perguruan tinggi berkualitas.

Meski begitu, persiapan pendidikan saja belum cukup. Sebab, berbagai risiko bisa saja terjadi di masa depan, seperti tulang punggung keluarga meninggal dunia atau cacat permanen. Kondisi ini dapat memutus pendidikan anak.

Demi memitigasi risiko tersebut, orangtua perlu memiliki asuransi jiwa. Berikut adalah empat manfaat kepemilikan asuransi jiwa bagi orangtua.

  1. Proteksi perlindungan jiwa

Sebagai pencari nafkah dalam rumah tangga, orangtua sebagai tulang punggung keluarga perlu memiliki asuransi jiwa. Asuransi jiwa bermanfaat memberikan perlindungan kepada ahli waris jika tertanggung meninggal dunia di masa depan.

Dengan begitu, Anda pun dapat memproteksi finansial keluarga di masa depan akibat dampak risiko-risiko tersebut.

  1. Memberikan rasa aman

Asuransi jiwa memberikan rasa aman bagi seluruh anggota keluarga. Hal ini dikarenakan perlindungan jiwa yang diberikan kepada tertanggung. Dengan perlindungan ini, tertanggung yang merupakan tulang punggung keluarga dapat fokus menyusun rencana jangka panjang dalam keluarga.

Hal itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, dengan perencanaan yang matang, risiko yang dapat terjadi dalam keluarga akibat pencari nafkah meninggal dunia dapat diminimalisasi berkat adanya asuransi jiwa.

Istri dan anak pun juga tidak perlu khawatir karena tertanggung sudah mendapatkan perlindungan jiwa. Jika kemungkinan buruk terjadi, uang pertanggungan yang diberikan pihak asuransi dapat digunakan sebagai bantalan finansial.

  1. Mendorong gaya hidup hemat

Kepemilikan asuransi jiwa juga dapat mendorong penerapan gaya hidup hemat di dalam keluarga. Terlebih, bagi pencari nafkah atau kepala keluarga.

Dengan membeli produk asuransi jiwa serta membayar premi secara berkala, seseorang jadi terpacu untuk melakukan penghematan karena ada bujet yang mesti dialokasikan setiap bulan.

Dengan penghematan tersebut, orangtua dapat mengalokasikan dana untuk kebutuhan lain yang lebih utama guna mendukung pendidikan anak. Sebagai contoh, anggaran buku sekolah dan les privat yang dapat meningkatkan prestasi si kecil secara akademis.

  1. Memastikan kehidupan ahli waris

Selain rasa aman, kepemilikan asuransi jiwa juga memberikan kepastian kelanjutan kehidupan ahli waris saat tertanggung meninggal dunia. Berkat uang pertanggungan dari asuransi jiwa, ahli waris bisa menjalankan kembali kehidupan setelah ditinggalkan tulang punggung.

Anak bisa tetap melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi menggunakan uang pertanggungan. Istri bisa memanfaatkan uang itu untuk membuka bisnis. Dengan demikian, keluarga dapat memiliki sumber penghasilan baru.

Itulah empat manfaat asuransi jiwa yang wajib diketahui para orangtua untuk menjamin masa depan buah hati. Adapun salah satu produk asuransi jiwa yang dapat dilirik adalah Allianz LegacyPro.

Allianz LegacyPro merupakan produk asuransi jiwa tradisional dengan masa asuransi hingga tertanggung berusia 100 tahun. Manfaat asuransi jiwa ini pun beragam. Salah satunya, manfaat meninggal dunia.

Bila pemegang polis meninggal dunia, 100 persen uang pertanggungan untuk asuransi dasar akan dibayarkan kepada ahli waris.

Manfaat lain, pemegang polis diberikan pembebasan premi asuransi dasar bila suatu hari terdiagnosis salah satu dari 77 penyakit atau kondisi kritis yang tercantum dalam polis asuransi.

Keuntungan selanjutnya adalah manfaat booster uang pertanggungan. Ketika pemegang polis memasuki usia 75 tahun, pihak Allianz akan memberikan manfaat booster uang pertanggungan berupa peningkatan uang pertanggungan untuk asuransi dasar hingga 50 persen.

Allianz LegacyPro menawarkan pilihan periode pembayaran premi yang beragam, mulai dari 5, 10, hingga 15 tahun.

Untuk masa pembayaran premi 5 atau 10 tahun, usia masuk tertanggung dimulai dari 1 bulan hingga 70 tahun. Sementara, untuk masa pembayaran premi 15 tahun, usia masuk tertanggung dimulai dari 1 bulan hingga 59 tahun.

Pihak tertanggung juga dapat memilih sendiri cara pembayaran premi sesuai preferensi, mulai dari bulanan, kuartalan, semesteran, hingga tahunan.

Bagaimana, siap memproteksi diri dan keluarga serta menjamin masa depan anak?

Klik tautan berikut untuk mengetahui informasi lebih lengkap asuransi jiwa Allianz LegacyPro.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com