Advertorial

Pemkab Klaten Gelar Job Fair di GBK Klaten, Ada 6.563 Lowongan Pekerjaan

Kompas.com - 19/10/2023, 18:34 WIB


KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) menyelenggarakan job fair bertajuk “Klaten 4.0 Industry and Career Expo” di Grha Bung Karno (GBK), Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (19/10/2023) dan Jumat (20/10/2023).

Job fair yang dibuka secara langsung oleh Bupati Klaten Sri Mulyani tersebut menyediakan 6.563 lowongan pekerjaan dari 50 perusahaan dengan posisi jabatan mulai tenaga penjualan, tata busana, kepemimpinan, hingga teknisi.

Selain itu, pameran tersebut juga diisi 80 stan industri kecil dan menengah (IKM).

Dalam sambutannya, Bupati Klaten mengatakan bahwa peminat Klaten 4.0 Industry and Career Expo cukup banyak. Ia pun berharap, masyarakat yang mencari pekerjaan bisa memanfaatkan job fair selama dua hari ke depan.

“Alhamdulillah, saya resmikan Klaten job fair dan pameran IKM. Semoga nanti selama dua hari, Kamis (19/10/2023) dan Jumat (20/10/2023), dan pelaksanaan bisa dimanfaatkan oleh anak-anak pelajar (pencari kerja) karena ada sekitar lebih kurang 6000 lowongan,” tutur Sri Mulyani dikutip Kompas.com dari siaran pers Pemkab Klaten, Kamis (19/10/2023).

Sri Mulyani menyampaikan, selain job fair, ajang tersebut juga menjadi wadah bagi IKM sebagai sarana promosi dan bisa dimanfaatkan bagi pelaku usaha.

Pada kesempatan sama, Kepala Disperinaker Kabupaten Klaten Luciana Rina Damayanti melaporkan, angka pengangguran di Kabupaten Klaten sejumlah 28.500 jiwa. Kemudian, sepanjang Januari-Agustus 2023, sebanyak 3.450 pencari kerja terdaftar dalam aplikasi Sistem Informasi Ketenagakerjaan dan Industri (Sikendi).

Job fair tersebut pun diharapkan bisa memfasilitasi masyarakat Klaten yang sedang mencari pekerjaan.

Rina juga menjelaskan, Klaten 4.0 Industry and Career Expo digelar bertepatan dengan momen perayaan ke-95 Sumpah Pemuda sekaligus menjadi job fair dan expo pertama sejak pandemi Covid-19.

Job fair ini (bertujuan) sebagai sarana promosi untuk peluang bisnis IKM di Klaten,” jelasnya.

Rina melanjutkan, selain pameran, selama dua hari penyelenggaraan, Pemkab juga menghadirkan acara hiburan yang diisi musisi lokal Klaten dan luar daerah, yakni Ngatmombilung dan Jogja Hip Hop Foundation.

Masyarakat bisa datang ke job fair di GBK Klaten mulai pukul 09.00-22.00 WIB.

Sebagai informasi, setelah peresmian Klaten 4.0 Industry and Career Expo, acara dilanjutkan dengan launching Unit Layanan Disabilitas (ULD) dan Bisnis Industri Center (BIC) oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Klaten Jajang Prihono.

Acara tersebut turut dihadiri perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, asisten, Kepala Disperinaker Provinsi Jateng, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat, masyarakat Kabupaten Klaten, pelajar SMA/SMK, pencari kerja, dan tamu undangan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com