Advertorial

Dies Natalis Ke-69, UM Toreh Prestasi di Kancah Internasional

Kompas.com - 19/10/2023, 18:58 WIB

KOMPAS.com – Universitas Negeri Malang (UM) merayakan hari jadi atau Dies Natalis ke-69 dengan tema “Sehat, Cerdas dan Bermartabat”. Perayaan ini menandai peran UM dalam menghadapi tantangan pada era 5.0.

Era yang ditandai dengan perubahan teknologi dan perkembangan global yang cepat itu menuntut adaptasi dan inovasi dalam segala hal, termasuk pendidikan.

Rektor UM Prof Dr Hariyono, M.Pd menilai tantangan tersebut sebagai peluang untuk menciptakan generasi yang siap menghadapi masa depan.

“Tantangan itu bisa dihadapi dengan keterampilan dan pemahaman yang relevan, semangat berprestasi melalui ekosistem yang sehat, serta fasilitas terintegritas untuk mengembangkan potensi yang berintegritas,” ujar Hariyono dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (19/10/2023).

Hariyono menjelaskan, peringatan Dies Natalis UM tidak hanya menjadi ajang seremonial tahunan, tetapi juga tonggak awal proyeksi pengembangan UM yang berinovasi dan berprestasi menuju universitas kelas dunia (world class university).

Sepanjang 2023, UM berhasil mencatatkan sejumlah prestasi. Pada tingkat nasional, mahasiswa UM meraih berbagai kejuaran pada 27 ajang kompetisi.

Sementara pada tingkat internasional, mahasiswa UM berhasil memperoleh medali emas pada empat ajang lomba tingkat Asia Tenggara (ASEAN), termasuk pada ajang bergengsi SEA Games.

Secara rinci, berikut prestasi yang diraih UM pada kompetisi berskala internasional. 

  1. Gold Medal International Social, Science, Engineering, and Education Romanian Competition (IS2E2R) New World Education Romanian Association (NWERA) Romania
  2. Juara 1 Case Study Competition at International Islamic Economics Competition (IESCO) 6.0 di Universitas Darussalam Gontor
  3. Delegasi Djarum Beasiswa Plus Harvard WorldMUN 2023 Djarum
  4. Juara 3 Plate pada Bali International Six's Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Bali PCI Bali
  5. Juara 1 Global Entrepreneurship Camp "Genius Award" di Suranaree University of Technology Thailand
  6. 2nd Simulate and Innovate pada International Shell Eco-Marathon Asia Pacific and Middle East 2023
  7. 6th Urban Concept Internal Combustion di International Shell Eco-Marathon Asia Pacific and Middle East 2023

Hariyono mengatakan, pada 2023, UM juga berhasil meraih predikat 18 Universitas Terbaik Indonesia oleh The Asia University Rankings.

Kemudian, UM juga unggul dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) 3, yakni Dosen Berkegiatan di Luar Kampus, pada ajang Liga Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) 2022 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristek).

“UM juga menjadi salah satu perguruan tinggi yang ramah disabilitas. Hal ini dibuktikan dengan raihan penghargaan dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia,” ujar Hariyono.

Sebagai informasi, puncak peringatan Dies Natalis ke-69 UM digelar di Graha Cakrawala UM, Malang, Jawa Timur (Jatim), pada Rabu (18/10/2023).

Acara itu menampilkan berbagai pertunjukan kesenian serta orasi ilmiah dari Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksamana Tri Handoko serta Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Markus Diantoro.

Kemudian, pemberian penghargaan kepada dosen terproduktif dan berdampak, pengelola jurnal terbaik, serta dosen dan tenaga kependidikan berprestasi.

Dies Natalis UM ke-69 juga dimeriahkan dengan berbagai lomba, seperti lomba kebersihan dan lingkungan untuk fakultas dan pascasarjana UM, lomba tenis meja, serta lomba jalan sehat yang diikuti oleh seluruh sivitas akademika, dan pensiunan dosen serta tenaga pendidik.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com