Advertorial

Inovasi DPMPTSP Kota Cilegon Raih Penghargaan dari Pemprov Banten

Kompas.com - 19/10/2023, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon sukses meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten Pada Banten Business Forum and Investment Awards 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Kamis (19/10/2023).

Pada ajang tersebut, DPMPTSP Kota Cilegon meraih peringkat ke-2 dalam kategori Penyelenggara Pelayanan Perizinan.

Penghargaan itu didapat berkat kinerja positif DPMPTSP Kota Cilegon sepanjang 2022. Pada tahun kemarin, realisasi investasi Kota Cilegon berada di peringkat ke-9 dari 514 kota atau kabupaten se-Indonesia.

Kemudian, DPMPTSP Kota Cilegon juga mendapat penghargaan predikat kepatuhan standar pelayanan publik oleh Ombudsman Banten dengan nilai 85,03 kategori B.12.

Selain itu, keberhasilan DPMPTSP Kota Cilegon juga ditopang oleh peningkatan pelayanan publik melalui optimalisasi inovasi Jemput Bola Perizinan Online (Jempol) dan Konsultasi Instan (Konstan) yang efektif dan efisien.

Pemberian penghargaan dilakukan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar dan diterima oleh Kepala DPMPTSP Kota Cilegon Hayati Nufus.

Nufus mengatakan bahwa penghargaan tersebut didapat karena pihaknya berhasil melakukan inovasi dan optimalisasi Sistem Jempol dan Kontan terkait pendampingan perizinan berusaha berbasis risiko (OSS RBA) milik pemerintah pusat.

Salah satu optimalisasi pelayanan Sistem Jempol yang dilakukan DPMPTSP Kota Cilegon, jelas Nufus, adalah dengan melakukan penyisiran para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pedagang kecil yang belum memiliki nomor induk berusaha (NIB).

"Kami datang jemput bola ke kelurahan dan kecamatan, termasuk di setiap kegiatan Dialog Capaian Pembangunan yang tengah digelar Pak Wali Kota. Jadi, kami tanyain ke pedagang-pedagang kecil, apakah sudah punya NIB atau belum? Kalau belum, kami buatin langsung. NIB ini penting karena sebagai syarat mendapat bantuan dana bergulir dari Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon," jelasnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis (19/10/2023).

Pelaksana Harian (Plh) Asisten Daerah (Asda) II Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Cilegon Ahmad Aziz Setia Ade Putra mengapresiasi kerja keras jajaran DPMPTSP Kota Cilegon dalam melakukan inovasi sehingga mendapat penghargaan dari Pemprov Banten.

Ia pun berpesan jajaran Pemkot Cilegon untuk melakukan lebih banyak inovasi. Dengan demikian, pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik.

"Inovasi ini sesuatu yang baik yang selalu diharapkan oleh Pak Wali Kota. Saya mendorong kepada operasi perangkat daerah (OPD) lain untuk terus berinovasi dalam rangka mewujudkan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Cilegon," ujar Aziz.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com