Advertorial

72 Tahun Berkiprah di Dunia Transportasi, Siba Surya Catatakan Prestasi

Kompas.com - 20/10/2023, 08:30 WIB

KOMPAS.com – Perusahaan transportasi yang berfokus di bidang angkutan barang, PT Siba Surya, berhasil meraih penghargaan Innovative Logistic Management System of the Year pada ajang Marketeer Editor’s Choice Award (MECA) 2023 yang diselenggarakan oleh majalah Marketeer di Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Chairman sekaligus Founder MCorp Hermawan Kertajaya kepada General Manager Marketing PT Siba Surya Arief.

Nama Siba Surya di dunia transportasi sudah tidak asing lagi. Perusahaan yang bermarkas di Semarang ini telah berkiprah selama 72 tahun di sektor angkutan barang. Di bawah kepemimpinan generasi ketiga, Siba surya telah bermetamorfosis menjadi korporasi andal berkat inovasi dan inisiasi yang dijalankan.

“Kunci utamanya adalah pendekatan edukatif yang berkesinambungan. Kami membedakan diri dari pesaing dalam industri transportation and logistic management system melalui pengalaman panjang selama 72 tahun,” ujar Presiden Direktur PT Siba Surya Stefanus Suryaatmadja dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis (19/10/2023).

Stefanus mengatakan, pihaknya turut mengadopsi teknologi modern untuk mendukung operasional perusahaan sekaligus memberikan layanan yang bernilai tambah. Salah satunya, melengkapi para pengemudi di Siba Surya dengan aplikasi untuk mengelola pesanan mereka.

Perusahaan pun tak ragu berinvestasi dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM), untuk memberikan edukasi kepada tim manajemen, pengemudi, dan penerima barang, termasuk para pelanggan serta pemangku kepentingan. Pasalnya, setiap pelanggan memiliki kebutuhan bisnis yang unik.

Lebih lanjut, Stefanus menjelaskan, Siba Surya juga memiliki modul khusus untuk pelanggan. Modul ini mencakup manajemen pesanan, manajemen vendor, serta administrasi, termasuk bukti pengiriman (proof of delivery) dan manajemen faktur.

Melalui modul tersebut, transporter dapat melakukan perencanaan, pengiriman, dan pemantauan secara real-time.

Selain itu, platform tersebut juga mengintegrasikan sistem enterprise resource planning (ERP) di setiap pabrik dan gudang atau dengan vendor transportasi guna mempermudah pengelolaan pengiriman barang.

Terkait penghargaan yang diterima, Stefanus mengatakan bahwa capaian tersebut memberikan optimisme dan harapan tersendiri bagi pihaknya. Ia berharap, capaian itu dapat menjadi energi untuk menghadapi tantangan kompleksitas manajemen vendor serta distribusi barang di masa mendatang.

“Ke depan, kami akan lebih fokus dan berkomitmen lebih baik lagi. (Penghargaan ini berarti bahwa) Siba Surya diharapkan mampu menjadi faktor yang tidak hanya menciptakan dinamika ekonomi, tetapi juga menjadi pemicu kebangkitan ekonomi,” ungkap Stefanus.

Capaian serta kiprah Siba Surya di dunia transportasi itu pun mendapat apresiasi dari Hermawan. Menurutnya, tidak mudah untuk mengelola bisnis transportasi di Indonesia, terlebih transportasi barang.

“Siba Surya telah membuktikan kesungguhan dan komitmen yang teruji di (bidang ini),” ujar Hermawan.

Hermawan mengatakan, inovasi manajemen logistik yang dilakukan Siba Surya demi memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang merupakan terobosan yang luar biasa.

“(Dengan inovasi itu) pelanggan tidak perlu repot lagi karena cukup menggunakan satu dashboard untuk mengelola pesanan dan distribusi mereka,” katanya.

Hal itulah, imbuh Hermawan, yang membuat Marketeer memilih Siba Surya sebagai penerima penghargaan. Ia berharap, prestasi yang ditorehkan Siba Surya tersebut dapat menginspirasi para pelaku usaha lain.

Sebagai informasi, MECA 2023 memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan, baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun lembaga nonpemerintah yang memiliki prestasi secara manajerial, terobosan dalam membangun paradigma bisnis, serta kepedulian terhadap masyarakat.

Apresiasi serupa diungkapkan Chief Executive Officer (CEO) Marketeer Iwan Setiawan. Ia mengatakan, saat ini, dunia mengalami percepatan dan perubahan yang luar biasa dengan hadirnya teknologi informasi.

“Untuk itu, kami harus responsif dan mampu bergerak maju agar tidak terlindas oleh perubahan,” ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com