Advertorial

Program TMMD Sengkuyung Gunung Gajah Resmi Ditutup, Wabup Klaten: Kolaborasi Membangun Daerah

Kompas.com - 20/10/2023, 16:12 WIB

KOMPAS.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap III tahun anggaran 2023 di Desa Gunung Gajah, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, resmi ditutup.

Adapun upacara penutupan program tersebut diselenggarakan di lapangan Gunung Gajah dan dipimpin Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo, Kamis (19/10/2023). Setelah itu, acara dilanjutkan dengan peresmian jalan desa hasil sasaran fisik TMMD Sengkuyung tahap III.

Untuk diketahui, sasaran fisik dari program TMMD tahap III adalah betonisasi jalan sepanjang 439 meter (m) dengan lebar 3 m dan pembangunan dinding penahan atau talud sepanjang 1.401 m.

Sementara untuk sasaran nonfisik, berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan narkoba, serta pelayanan posyandu dan KB kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kodim 0723/Klaten yang terus melanjutkan program TMMD Sengkuyung secara konsisten di wilayah Kabupaten Klaten.

Menurut Yoga, kehadiran program tersebut selaras dengan program pemerataan pembangunan daerah yang diusung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten.

“Kami berterima kasih kepada Kodim Klaten yang secara konsisten melaksanakan TMMD Sengkuyung. Program ini sangat membantu pemda dalam upaya memeratakan pembangunan daerah. Ini merupakan kolaborasi dalam membangun (Kabupaten) Klaten,” katanya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (20/10/2023).

Yoga berharap, hasil pembangunan tersebut turut meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Gunung Gajah. Oleh karena itu, ia berpesan kepada masyarakat agar memanfaatkannya.

“Jaga dan rawat hasil pembangunan ini. Semoga selalu memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Letkol Czi Bambang Setyo mengatakan, TMMD Sengkuyung merupakan program percepatan pembangunan dengan sasaran daerah yang membutuhkan.

Tak hanya bentuk pengabdian TNI kepada bangsa dan negara, kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara TNI dengan masyarakat dalam mengakselerasi program pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami juga berterima kasih kepada seluruh anggota TNI dan Polri, masyarakat, serta seluruh pihak yang terlibat dan bahu membahu sehingga sasaran fisik dan nonfisik (program TMMD) dapat tercapai dengan maksimal,” katanya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com