Advertorial

Konsisten Lakukan Inovasi, Nova Baby Mampu Bertahan 49 Tahun di Industri Pakaian Bayi dan Anak

Kompas.com - 20/10/2023, 17:20 WIB

KOMPAS.com - Industri pakaian bayi dan anak di Indonesia terus berkembang. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya pilihan baju bayi dan anak, baik produk buatan lokal maupun impor tiap tahunnya.

Di tengah kemunculan pelaku industri baru, merek-merek pakaian bayi lama masih bertahan di industri pakaian. Salah satunya adalah Nova Baby. Sebagai informasi, Nova Baby merupakan merek pakaian bayi dan anak di bawah naungan CV Atar Global Mandiri yang berdiri sejak Oktober 1974. 

Pendiri Nova Baby Lusyana Halim menceritakan proses pendirian Nova Baby pada 1974. Saat lulus sekolah menengah atas (SMA), ia mencoba membuka usaha pakaian bayi dari rumah orangtuanya di Bandung.

Selanjutnya, ia menjajakan produk pakaian di sebuah kios kontrakan di Jalan Asia Afrika, Bandung. Tak disangka, produk buatannya yang berbeda ukuran dibeli konsumen. Untuk membantu penjualan, Lusyana dibantu oleh dua adiknya, yakni Setiadi Halim dan Hendra Halim pada 1979.

Selanjutnya, mereka memutuskan membuka fasilitas produksi di daerah Majalaya, Kabupaten Bandung. Inisiatif ini dilakukan untuk melayani permintaan yang lebih luas hingga sekarang.

Merek Nova, lanjut Lusyana, berasal dari kata inovasi. Inovasi menjadi prinsip dasar Nova sejak awal berdiri.

Berkat prinsip tersebut, Nova berkembang dan berhasil bertahan dari persaingan ketat industri pakaian selama bertahun-tahun. Sampai akhirnya, Nova dikenal sebagai merek legenda untuk kategori pakaian bayi hingga saat ini.

“Nova berhasil mempertahankan inovasi sebagai prinsip utama. Prinsip ini tecermin dalam produk-produknya untuk melayani dan menjawab kebutuhan konsumen di Indonesia,” kata Lusyana dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (20/10/2023).

Sejak 49 tahun lalu, Nova Baby memproduksi seluruh baju bayi dan anak di Bandung, Jawa Barat. Jenama ini menerapkan strategi 3A dalam memproduksi pakaian anak, yakni aman, awet, adem.

Seluruh produk Nova Baby diklaim aman dari kulit bayi karena telah tersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Dalam proses produksi, Nova Baby menggunakan bahan katun berkualitas yang awet dan sejuk di kulit bayi.

Pakaian hasil produksi Nova Baby memiliki ketebalan yang cukup untuk memastikan anak tetap terlindung dari udara dingin.

Berkat konsistensi menjaga kualitas produk, Nova Baby dapat bertahan selama 49 tahun di industri pakaian bayi dan anak Indonesia.

Saat ini, Nova Baby telah memiliki banyak reseller yang menjual produk-produknya di toko baju bayi dan anak di seluruh Indonesia.

Untuk pembelian baju bayi dan anak merek Nova Baby secara daring, Anda dapat membelinya di Shopee dan Tokopedia. Anda dapat mengunjungi laman Instagram @nova.baby untuk melihat produk Nova Baby

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com