Advertorial

DJKI Kemenkumham Gelar Merek Festival 2023, Bawa Agenda Pameran Produk Lokal hingga Temu Bisnis

Kompas.com - 22/10/2023, 10:06 WIB

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (DJKI Kemenkumham) akan menggelar Merek Festival di Lapangan Merah Kemenkumham, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, pada Senin (23/10/2023) hingga Rabu (25/10/2023).

Agenda bertema "Cinta Lokal, Sentuhan Global" tersebut merupakan bagian dari penutupan tahun tematik yang sebelumnya ditetapkan Kemenkumham pada November 2022.

Dikutip dari siaran pers resmi Kemenkumham, Minggu (22/10/2023), Merek Festival akan menyuguhkan berbagai acara, mulai dari pameran produk merek lokal, talk show kekayaan intelektual (KI), waralaba dan temu bisnis, musik dan hiburan, hingga layanan konsultasi dan layanan fasilitas KI.

Sebanyak 45 booth pameran produk lokal ikut meramaikan kegiatan ini. Para tenant terdiri dari produsen produk makanan, minuman, fesyen, kecantikan, kerajinan tangan, serta produk indikasi geografis terdaftar.

Pada hari pertama, DJKI akan mengadakan talk show mengenai seluk-beluk dunia usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Agenda ini turut mengundang brand adventure media yang terkenal dengan program YouTube bernama "UKM Nation".

Di hari kedua, Merek Festival menghadirkan acara "Meja Kurator". Para pakar yang hadir dalam acara ini akan mengurasi berbagai brand lokal yang masuk ke dalam 17 sektor ekonomi kreatif dari seluruh Indonesia.

Pada hari terakhir, para pengunjung dapat mengikuti acara IP Talks Kreasi Kuliner. Para chef yang hadir sebagai pembicara di sesi itu akan melakukan demo masak dengan mengolah bahan-bahan masakan asli Indonesia menjadi sajian makanan bertaraf internasional.

Adapun gelaran Merek Festival 2023 ini tidak hanya bersifat B2C (business to consumer) yang diperuntukkan bagi pembeli retail, tetapi juga tersedia agenda B2B (business to business) untuk mempertemukan antara pebisnis satu dan pebisnis lainnya.

Bagi masyarakat yang sedang ingin memiliki usaha, DJKI juga menggelar agenda business matching dengan menghadirkan delapan pelaku bisnis yang siap bertemu dengan calon mitra. Adapun produk bisnis yang dihadirkan meliputi Teguk, Amanda Brownies, Scoop & Skoops, Kebab Turki Baba Rafi, MS-glow, PUYO, WARCON, dan Benteng Nusantara.

Pada kegiatan ini, DJKI juga membuka booth layanan konsultasi KI untuk merek paten, hak cipta, dan desain industri. Tidak hanya itu, DJKI juga menyediakan fasilitas pendaftaran merek dan pencatatan ciptaan gratis kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan kuota terbatas.

Sementara, pada hari terakhir, pengunjung bisa menikmati suguhan hiburan Stand Up Comedy dari Cak Lontong serta penampilan artis Ibu Kota.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Merek Festival 2023, masyarakat dapat mengunjungi media sosial resmi DJKI di Instagram @djki.kemenkumham.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com