Advertorial

Peringati Hari Santri Nasional 2023, Pemkab Tanah Laut Berikan Bantuan bagi Santri Berprestasi

Kompas.com - 23/10/2023, 14:17 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tala dan Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Tala mengadakan upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Lapangan Tenis Pemuda Pelaihari, Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu (22/10/2023).

Upacara dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Laut (Tala) H Dahnial Kifli. Pada kesempatan tersebut, iamenyampaikan latar belakang penetapan 22 Oktober sebagai HSN.

Ia menjelaskan bahwa Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 menetapkan tanggal tersebut sebagai HSN berdasarkan resolusi jihad yang dikeluarkan oleh ulama pada 22 Oktober 1945.

Resolusi jihad tersebut, lanjut Dahnial, merupakan fatwa yang berisi kewajiban bagi muslim untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi ini kemudian menginspirasi peristiwa heroik pada 10 November 1945 yang dikenal sebagai Hari Pahlawan.

“Jihad dalam Islam tidak hanya berarti berperang secara fisik, tetapi juga berusaha secara menyeluruh, termasuk meningkatkan iman, menambah ilmu, dan memperbaiki diri,” kata Sekda dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (23/10/2023).

Ia juga mengatakan bahwa santri harus menjadi teladan dalam masyarakat, menegakkan nilai-nilai kebenaran, toleransi, dan persaudaraan.

“Santri tidak hanya wajib mempelajari ajaran agama dengan baik, tetapi juga menjadikan ajaran agama sebagai pedoman dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Pemkab Tala memberikan bonus kepada 13 santri yang berprestasi saat mewakili Provinsi Kalsel pada ajang Musabaqah Qira’atil Kutub VII 2023.

Adapun ajang itu diselenggarakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Drajat Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Selain itu, Pemkab Tala juga menyalurkan bantuan program pendidikan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tala kepada 12 santri berprestasi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com