Advertorial

Ingin Jadi Gamer? Ini Perlengkapan Gaming yang Perlu Disiapkan

Kompas.com - 24/10/2023, 13:28 WIB

KOMPAS.com – Bermain game menjadi hobi yang digemari banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Selain sebagai hiburan, bermain game juga dapat membangun interaksi sosial dan mengembangkan keterampilan.

Untuk mendapatkan pengalaman bermain secara maksimal, Anda membutuhkan perlengkapan gaming yang memadai. Pasalnya, perlengkapan ini dapat membuat aktivitas bermain game menjadi lebih lancer dan nyaman.

Lalu, apa saja perlengkapan gaming untuk bermain game dengan nyaman di rumah? Simak ulasan berikut.

  1. Set PC gaming

Perlengkapan pertama adalah set PC gaming untuk memainkan game. Sama seperti desktop pada umumnya, set PC gaming terdiri dari prosesor atau central processing unit (CPU), motherboard, kartu grafis atau video graphics adapter (VGA), memori, penyimpanan, pendingin, serta casing.

Perbedaannya, PC khusus gaming biasanya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Sebab, PC ini ditujukan untuk menjalankan game yang umumnya membutuhkan prosesor cepat, RAM dan ROM besar, VGA terbaik, serta sistem pendinginan mumpuni.

Dalam membangun PC gaming, Anda perlu mempertimbangkan kecocokan antara komponen-komponen yang digunakan, daya tahan, kualitas masing-masing komponen, serta bujet.

Jika ingin menggunakan PC untuk memainkan game berat dan mengedit video dengan resolusi standar, setidaknya Anda membutuhkan prosesor minimal Intel Core i7-8700K dan VGA Asus ROG STRIX-GTX 1060-O6G.

  1. Kursi gaming

Kursi gaming menjadi salah satu peralatan gaming yang dimiliki gamer. Berbeda dengan kursi kebanyakan, kursi gaming memiliki desain ergonomis yang dapat menyesuaikan dengan postur tubuh dan gerakan gamer.

Selain itu, kursi gaming juga dilengkapi dengan bantalan lembut, sandaran kepala, dan penyangga lengan. Terdapat juga berbagai fitur tambahan lain, seperti pengatur ketinggian dan sudut kemiringan. Fitur-fitur itu dapat mencegah pegal-pegal dan nyeri otot saat bermain game dalam waktu lama.

Kursi gaming biasanya memiliki berbagai model, warna, dan harga. Anda dapat memilih sesuai dengan selera dan bujet.

  1. Headphone gaming

Headphone gaming merupakan perlengkapan penting untuk meningkatkan pengalaman bermain. Dengan alat ini, Anda dapat mendengar suara game dengan lebih jelas dan detail.

Untuk menunjang aktivitas bermain game, headphone gaming biasanya dilengkapi dengan mikrofon untuk berkomunikasi dengan pemain lain. Headset gaming juga memiliki berbagai fitur, seperti surround sound dan noise cancellation.

Adapun Headphone gaming cocok digunakan saat bermain game yang membutuhkan koordinasi dengan pemain lain, seperti Counter Strike, PUBG, serta DOTA. 

Karena digunakan dalam waktu lama, Anda bisa membeli headphone yang lentur dan lembut. Dengan demikian, kepala Anda tidak sakit saat menggunakan headphone dalam waktu yang lama.

  1. Keyboard gaming

Salah satu perlengkapan gaming yang tak kalah penting adalah keyboard gamingKeyboard ini memiliki tuts yang dirancang khusus untuk bermain game. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir menekan tuts keyboard terlalu kencang saat bermain game.

Selain itu, keyboard gaming memiliki tombol khusus untuk menjalankan shortcut dalam game yang sedang dimainkan.

Keyboard gaming juga biasanya memiliki mode RGB atau cahaya warna-warni yang akan menyala saat keyboard aktif. Anda dapat mengatur warna dan cahaya sesuai keinginan.

  1. Mouse gaming

Anda dapat menambah mouse gaming agar perlengkapan gaming semakin lengkap. Mouse gaming bisa digunakan untuk berbagai jenis game, mulai dari first person shooter (FPS) hingga massively multiplayer online (MMO).

Bagi pemain game FPS, mouse gaming dapat membantu mengatur kestabilan kursor karena dilengkapi pemberat. Hal ini membuat aktivitas bermain game menjadi lebih kompetitif.

Selain itu, mouse gaming juga membantu pemain MMO, seperti DOTA atau World of Worldcraft, untuk menggunakan skill secara cepat dengan tombol-tombol tambahan.

Itulah perlengkapan gaming yang bisa Anda beli untuk menunjang aktivitas bermain game. Sekarang, kamu tidak perlu repot membeli perlengkapan gaming karena bisa dilakukan di Tokopedia.

Di sana, kamu bisa membeli set PC gamingheadset gaming, serta mouse gaming idaman sesuai kebutuhan. Jadi, tunggu apalagi? Segera miliki perlengkapan gaming favoritmu di Tokopedia.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com