Advertorial

Hadiri Peringatan HSN 2023, Bupati Klaten: Santri Bisa Jadi Agen Perubahan

Kompas.com - 24/10/2023, 14:22 WIB

KOMPAS.com - Ratusan santri pondok pesantren dan perwakilan organisasi masyarakat (ormas) Islam di Klaten mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Alun-alun Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minggu (22/10/2023).

Sebagai informasi, peringatan HSN di Kabupaten Klaten kali ini mengusung tema “Jihad Santri Membangun Negeri”.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Klaten yang bertindak sebagai pembina upacara serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Klaten.

Pada kesempatan itu, Bupati Klaten menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada para santri yang telah berperan dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Ia menekankan bahwa era perjuangan fisik dan diplomasi untuk meraih kemerdekaan telah berlalu. Kini, peran jihad santri lebih berfokus pada pembangunan untuk kemajuan bangsa.

“Santri dapat menjadi agen perubahan yang membawa kemajuan bagi negeri dengan berjihad di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, dan ekonomi,” paparnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (24/10/2023).

Sri Mulyani menambahkan, para santri juga dapat berjihad dengan membantu mengatasi berbagai tantangan bangsa, seperti kemiskinan, kebodohan, penindasan, serta berkontribusi dalam membangun masyarakat yang adil dan sejahtera.

“Santri dapat melakukan berbagai cara seperti meningkatkan kualitas pendidikan dengan mencetak generasi muda yang berilmu dan berakhlak mulia. Selain itu, (santri juga) dapat memberdayakan ekonomi dan kesejahteraan umat melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta membuat pelatihan keterampilan berwirausaha,” imbuhnya.

Selain amanat dari Bupati Klaten, acara tersebut juga menghadirkan pembacaan peristiwa sejarah yang mendasari peringatan HSN oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Klaten Mujiburohman.

Sebelum pelaksanaan upacara, para santri dari Kabupaten Klaten menampilkan berbagai seni dan budaya tradisional untuk menambah semarak perayaan HSN

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com