Advertorial

Biar Makin Imersif, Ini 3 Rekomendasi Laptop Gaming

Kompas.com - 25/10/2023, 13:00 WIB

KOMPAS.com – Bagi gamer, laptop gaming sudah seperti perangkat yang wajib dimiliki. Dengan spesifikasi yang lebih unggul ketimbang laptop konvensional, laptop gaming mampu menjalankan game-game berat tanpa kendala lag.

Karena keunggulan itu, laptop gaming juga memiliki usia penggunaan lebih lama. Jika dirawat dengan baik, usianya bisa makin lama lagi. Karena itu, laptop gaming bisa dibilang dapat menjadi investasi jangka panjang.

Meski begitu, Anda yang ingin membeli laptop gaming perlu mempertimbangkan bujet. Sebab, laptop ini dibanderol dengan harga yang lebih tinggi pula.

Pemilihan laptop gaming pun harus dilakukan secara cermat, sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

Berikut adalah tiga rekomendasi laptop gaming terbaik 2023.

  1. Asus TUF A15 FA507

Asus TUF A15 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7 6800H dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3050 - 4GB GDDR6. Dengan spesifikasi ini, laptop tersebut mampu menjalankan game-game populer seperti PUBG, DOTA 2, dan Fortnite dengan lancar.

Asus TUF A15 memiliki layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD dan refresh rate 144 Hz sehingga memberikan pengalaman bermain game yang mulus dan responsif.

Selain itu, TUF A15 juga dibekali RAM hingga 16 GB dan ruang penyimpanan jenis SSD berkapasitas 512 GB. Dengan memori dan ruang penyimpanan sebesar itu, laptop ini bisa digunakan untuk memainkan game besar.

Adapun Asus TUF A15 FA507 dibanderol dengan harga Rp 14 jutaan di spesifikasi tertinggi.

  1. Lenovo IdeaPad Gaming 3

Jika memiliki bujet Rp 11 jutaan, Anda bisa melirik Lenovo IdeaPad Gaming 3 15-7FID. Meski harganya cukup ekonomis untuk jenis laptop gaming, laptop tetap mumpuni untuk memainkan game-game AAA dengan lancar.

Untuk diketahui, game AAA merupakan game kelas atas yang dibuat dengan bujet tinggi. Game ini memiliki grafis dengan skor A.

Lenovo IdeaPad Gaming 3 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX2050 - 4GB. Leptop tersebut memiliki layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD dan refresh rate 120 Hz sehingga memberikan pengalaman bermain game yang imersif.

Guna mendukung aktivitas gaming, Lenovo IdeaPad Gaming 3 dilengkapi dengan sistem pendingin yang efektif dan baterai berkapasitas 60 Wh.

Terdapat dua pilihan RAM, yakni 8 GB dan 16 GB DDR4. Sementara, ruang penyimpanan data yang disediakan sebesar 512 GB SSD.

  1. ROG Zephyrus G14

Bagi para gamer yang mencari laptop gaming premium dengan desain yang mewah, ROG Zephyrus G14 adalah pilihan yang sempurna. Dikembangkan oleh Asus Republic of Gamers (ROG), laptop ini menggabungkan performa tinggi dengan estetika yang menawan.

ROG Zephyrus G14 adalah laptop gaming premium yang menawarkan performa luar biasa dengan desain yang stylish. Laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7 7735HS dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 4050 - 6GB GDDR6 sehingga mampu menjalankan game-game terbaru dengan lancar dan grafis yang memukau.

ROG Zephyrus G14 juga memiliki layar 14 inci dengan resolusi QHD dan refresh rate 165 Hz sehingga memberikan pengalaman bermain game yang detail dan responsif.

RAM dan ruang penyimpanan yang disematkan juga tidak main-main, yakni RAM 16 GB dan memori 512 GB SSD.

Adapun ROG Zephyrus G14 dihargai dengan cukup tinggi, yaitu mencapai Rp 27 jutaan untuk tipe tertinggi.

Itulah beberapa rekomendasi laptop gaming untuk para gamer. Masing-masing memiliki keunggulan dan keunggulan sendiri. Jadi, Anda dapat memilih sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com