Advertorial

PPID Klaten Targetkan Predikat Informatif untuk Ajang KIP Award 2023

Kompas.com - 25/10/2023, 17:12 WIB

KOMPAS.com - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Klaten menargetkan predikat “Informatif” dalam ajang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2023.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten Jajang Prihono saat visitasi monitoring dan evaluasi (monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2023 oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah di Ruang Rapat B2 Sekretariat Daerah Kabupaten Klaten, Selasa (24/10/2023).

"Saya sampaikan hasil dari pemeringkatan ini, pada 2020 sampai 2022 kategori levelnya masih sama, yaitu menuju Informatif. Semoga (upaya yang dilakukan) lebih maksimal lagi dan lebih termotivasi dan bisa naik ke level informatif,” jelas jajang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (25/10/2023).

Ia berharap, kunjungan dari tim visitasi Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah dapat memberikan dampak positif bagi PPID Kabupaten Klaten.

"Kami berharap kunjungan dan proses monitoring ini dapat memberikan dampak positif. Kami bersama-sama berkomitmen mematuhi semua aturan yang berlaku dalam membangun keterbukaan informasi publik," tuturnya.

Pada kesempatan sama, Ketua Tim Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Moh Asropi menjelaskan hasil penilaian yang telah dilakukan sebelum visitasi terhadap Kabupaten Klaten.

Ia mengungkapkan bahwa Kabupaten Klaten telah mengalami peningkatan dengan perolehan nilai di atas 70 sehingga wilayah ini dapat memasuki tahap visitasi.

Asropi juga menjelaskan bahwa dalam penilaian tersebut, pihaknya akan mengevaluasi empat badan publik, yaitu PPID Kabupaten Klaten, Desa Soka, Desa Balerante, serta Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Soeradji Tirtonegoro.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klaten Amin Mustofa bersyukur karena pihaknya ditetapkan sebagai salah satu badan publik yang lolos dari tahap I dan tahap II.

“Alhamdulillah, Kabupaten Klaten kehadiran atau masuk tahapan visitasi oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah. Nanti, teman-teman PPID di Klaten bisa meningkatkan pelayanan pada masyarakat dan mengambil saran dan nasihat dari tim monev ini,” jelasnya.

Acara tersebut turut dihadiri Tim Verifikasi Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Tim PPID Kabupaten Klaten, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Klaten atau perwakilannya, serta perwakilan dari Desa Soka dan Desa Balerante.

Proses penilaian dan pemeriksaan berkas oleh Tim Verifikasi Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah akan terus berlanjut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com