Advertorial

Tekan Limbah dan Jaga Kelestarian Lingkungan, Nojorono Luncurkan Program #PuntungBeruntung

Kompas.com - 25/10/2023, 17:16 WIB

KOMPAS.com - PT Nojorono Tobacco International (Nojorono) meluncurkan program #PuntungBeruntung di Lalana Space, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/10/2023).

Program tersebut merupakan respons Nojorono terhadap dampak negatif dari minimnya pengelolaan limbah puntung rokok di Tanah Air sekaligus manifestasi komitmen “Hidup yang Menghidupi” yang diusung oleh perusahaan.

Melalui program #PuntungBeruntung, Nojorono menyediakan bank puntung di berbagai titik di area Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Kabupaten Kudus.

Direktur PT Nojorono Tobacco International Arief Goenadibrata menuturkan bahwa hingga saat ini, #PuntungBeruntung telah mengumpulkan lebih dari 6.000 puntung yang siap diolah untuk menjadi produk multiguna, seperti asbak ramah lingkungan.

“Program ini direncanakan dapat berlanjut hingga 2023 dan diharapkan dapat berlanjut hingga 2025,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (25/10/2023).

Arief menuturkan bahwa pengelolaan limbah puntung rokok merupakan tantangan kompleks yang memerlukan kolaborasi antara pemerintah, industri tembakau, masyarakat, dan komunitas lingkungan.

Oleh karena itu, pihaknya menggandeng sejumlah local heroes dari Jawa Barat yang memiliki kesamaan visi dalam mengatasi problem limbah puntung. Salah satunya adalah Sahabat Lingkungan.

“Nojorono Kudus telah membangun kerja sama dengan berbagai komunitas yang memiliki komitmen dalam mengatasi permasalahan limbah puntung sekaligus memantik keberlangsungan Nojorono Circular Economy,” jelasnya.

Arief berharap, kolaborasi tersebut dapat mendorong masyarakat sekitar untuk ikut serta menjadi agen perubahan dalam menanggulangi dampak negatif limbah puntung rokok terhadap lingkungan.

Sementara itu, Corporate Communication Department Head PT Nojorono Tobacco International Eliza Susanto berharap, program #PuntungBeruntung dapat mendorong kesadaran kalangan muda di Tanah Air untuk terlibat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

-Dok. Nojorono -

Program tersebut, lanjutnya, merupakan wujud konsistensi Nojorono Kudus dalam membangun kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, terkait pentingnya menjaga lingkungan.

Upaya tersebut dapat dimulai melalui hal-hal kecil yang kerap luput dan terabaikan dalam kehidupan sehari-hari. Puntung rokok, misalnya.

“Jika semua orang berpikir demikian, puntung-puntung rokok akan terabaikan. Alhasil, secara perlahan dapat mengancam keberlangsungan alam dan lingkungan. Oleh karena itu, mari mulai dari diri sendiri dan bersama-sama melakukan langkah-langkah kecil yang berarti untuk generasi muda di masa depan,” kata Eliza.

Perlu diketahui, program #PuntungBeruntung telah dimulai sejak Juni 2023. Sebagai contoh, program ini menghadirkan instalasi bank puntung di berbagai titik festival musik ternama Tanah Air, seperti Sounds Project dan Pestapora.

Para pengunjung kedua festival tersebut juga berkesempatan untuk mendapatkan eco-ashtray olahan puntung.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com