Advertorial

Kemenkominfo Ajak Anak Muda Papua dan Malang Berkolaborasi untuk Tingkatkan Persatuan

Kompas.com - 26/10/2023, 12:04 WIB

KOMPAS.com - Direktorat Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan Direktorat Jenderal (Ditjen) Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengajak anak muda berkolaborasi dalam acara Forum Diskusi Publik “Papua Produktif Kolaborasi Malang Kreatif” di Bento Cafe Malang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (25/10/2023).

Acara tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menanamkan nilai-nilai nasionalisme, mengasah produktivitas, serta kreativitas anak muda.

Ketua Tim Informasi dan Komunikasi Pertahanan dan Keamanan Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kemenkominfo Dikdik Sadaka mengatakan bahwa saat ini, anak muda merupakan generasi yang dapat membuat perubahan dengan cepat.

Oleh karena itu, perlu koordinasi lintas daerah untuk mengolaborasikan sesama anak bangsa guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pemuda yang produktif di dunia kreatif menjadi kunci anak muda zaman sekarang. Oleh karena itu, kami ingin mengolaborasikan pemuda Papua dengan pemuda di Malang agar bisa saling mendukung dan berkreasi memberikan hal-hal positif untuk NKRI,” ujar Dikdik dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis (26/10/2023).

Seniman asal Papua, Michael Jakarimilena, yang menjadi salah satu narasumber acara tersebut mengatakan bahwa kolaborasi anak muda lintas daerah menjadi faktor pendukung dalam perjalanan kariernya.

Menurutnya, anak muda jangan pilih-pilih dalam berteman. Ia menyarankan para pemuda untuk berkawan dengan siapa pun tanpa membeda-bedakan golongan dan daerah asal.

“Sewaktu tinggal di Surabaya, teman-teman saya lintas suku. Bahkan, mereka yang paling mendukung saya saat memulai karier di ajang pencarian bakat,” ujarnya.

Meski sudah berkarier di Jakarta, Michael tetap merasa bangga menjadi orang Papua. Ia merasa bahwa memiliki teman dari berbagai suku di Indonesia melengkapi hidupnya.

Senada dengan Michael, Serafi Unani mengatakan bahwa kolaborasi antar-pemuda lintas daerah membuat anak muda cepat berkembang.

Ia pun menceritakan pengalamannya saat berkolaborasi di tim nasional bertemu dengan pemuda-pemuda dari Sabang sampai Merauke. Saat berkolaborasi dengan orang-orang yang berbeda latar belakang dan daerah, masing-masing pihak harus meruntuhkan ego untuk saling melengkapi.

“Dengan berkolaborasi, kami bisa menciptakan sesuatu yang baik dan positif. Mungkin saya tidak bisa menjadi seperti sekarang kalau saya dari dulu tidak pernah menghargai perbedaan,” ujar Serafi.

Sebagai informasi, acara tersebut dihadiri 250 orang mahasiswa Papua dan Malang yang kuliah di Kabupaten Malang. Kegiatan ini dilaksanakan di berbagai kota secara roadshow.

Melalui acara tersebut, Kemenkominfo berharap dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas anak muda, khususnya anak muda Papua di berbagai daerah di Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com