Advertorial

Gelar Festival Jantung Sehat, Nutrive Benecol Raih Rekor MURI Pengurangan Kolesterol Terbanyak dan Pertama

Kompas.com - 30/10/2023, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyakit kardiovaskular atau jantung masih menjadi penyumbang angka kematian paling besar di dunia. Dalam laporan yang dikeluarkan World Heart Federation pada 2023, terdapat 20,5 juta jiwa melayang pada 2021 akibat masalah kesehatan tersebut.

Sebagai langkah edukasi terkait pentingnya menjaga kolesterol sekaligus dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia 2023, PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutritionals) melalui produk suplemen penurun kolesterolnya, Nutrive Benecol, menggelar Festival Jantung Sehat di Jakarta International Equestrian, Sabtu (28/10/2023).

Acara bertema “Jaga Sehat, Satu Jantungmu” itu digelar sejak pagi dan diisi berbagai sesi menarik, di antaranya senam jantung bersama ribuan anggota Yayasan Jantung Indonesia yang separuhnya merupakan penderita penyakit jantung, pemeriksaan kesehatan dasar, dan kampanye donasi kolesterol yang menyabet penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi DKI Jakarta Ir Rolet Sinaga, MM, mengatakan bahwa prevalensi penyakit jantung di DKI Jakarta masih terbilang tinggi. Bahkan, angkanya sekitar 1,9 persen dalam lima tahun terakhir. Penderitanya pun tidak lagi orang tua saja, tapi juga dewasa muda. 

Rolet menjelaskan, penyakit jantung disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya, dipicu gaya hidup tidak sehat, seperti jam makan tidak teratur dan makan makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans. 

Kemudian, gaya hidup sedentari atau jarang bergerak juga berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit jantung pada seseorang.

Seperti diketahui, makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans memicu peningkatan kadar low density lipoprotein  (LDL) atau kolestrol jahat sehingga menyebabkan penumpukan plak di arteri dan menghambat aliran darah ke jantung dan otak.

Maka dari itu, Rolet mengajak masyarakat untuk menanamkan pentingnya penerapan pola hidup sehat guna mencegah risiko gangguan kardiovaskular.

“Ini termasuk menjaga keseimbangan gizi, mengenyahkan rokok, menghadapi dan mengelola stres, melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, dan berolahraga,” terangnya.

Hal tak jauh beda juga disampaikan Director of Adult & Specialized Nutrition KALBE Nutritionals Robertus Parulian. Mengingat kolesterol tinggi berkontribusi pada risiko gangguan kardiovaskular, masyarakat pun wajib memperhatikan kadar kolesterolnya. Utamanya, sehabis mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans.

Nutrive Benecol sendiri, lanjut Robert, telah melakukan berbagai upaya edukasi kepada masyarakat untuk hal tersebut. Selain lewat gelaran seperti Festival Jantung Sehat, pihaknya juga kerap menerjunkan tim ke restoran-restoran.

“Kami ingin masyarakat menyadari bahwa menjaga kolesterol tidak berarti harus membatasi diri dari makanan enak. Nutrive Benecol dapat menjadi solusi untuk tetap menikmati makanan yang disukai tanpa khawatir kolesterol naik,” tutur Robertus.

Terkait kampanye donasi kolesterol, Robertus menyebutkan, inisiatif ini merupakan program pilot project Nutrive Benecol. Pelaksanaannya sendiri sudah berlangsung sejak Agustus 2023 dan diikuti oleh sekitar 500 peserta dari seluruh Indonesia.

Adapun mekanisme kampanye tersebut adalah para peserta diminta untuk menjalani pola hidup sehat sambil mengonsumsi Nutrive Benecol secara rutin selama 14 hari. Setiap penurunan kolesterol total yang terjadi pada peserta akan dikonversikan menjadi uang senilai Rp 10.000 dan didonasikan kepada Yayasan Jantung Indonesia. Hingga kini, donasi yang terkumpul mencapai Rp 39.570.000.

Robertus juga mengajak masyarakat Indonesia untuk menerapkan gerakan SATU yang merupakan akronim dari Sadari kondisi tubuh dengan rutin cek kesehatan; Awasi berat badan dengan mengonsumsi nutrisi seimbang dan menjaga pola makan; Terapkan pola hidup sehat, istirahat cukup, kelola stres, hindari rokok dan alkohol, serta rutin berolahraga; Utamakan masa depan yang lebih baik mulai dari sekarang untuk diri sendiri, keluarga, dan sesama.

Wakil Direktur MURI Osmar Semesta Susilo memberikan apresiasi atas upaya Nutrive Benecol dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kadar kolesterol.

Ia menyebutkan, rekor MURI Pengurangan Kolesterol Terbanyak dan Pertama dalam 14 Hari yang diraih Nutrive Benecol adalah hal luar biasa. Selain diikuti oleh banyak peserta, kampanye seperti itu juga baru terjadi pertama kali.

Ia pun berharap, Nutrive Benecol dapat terus berkontribusi dalam membantu masyarakat Indonesia menjaga kesehatan jantungnya.

“Untuk Nutrive Benecol, tetaplah menjadi brand yang memopulerkan kesehatan jantung dan penurunan kolesterol,” ucapnya.

Sebagai informasi, Nutrive Benecol mengandung plant stanol ester (PSE) yang terbukti secara klinis dapat menurunkan kadar LDL hingga 10 persen dalam 2-3 minggu konsumsi.

Selain manfaat, suplemen tersebut juga tersedia dalam pilihan rasa buah yang nikmat untuk varian Nutrive Benecol Smoothies, yaitu blackcurrant, lychee, strawberry, dan orange.

Kemudian, ada pula varian Nutrive Benecol Yoghurt dengan rasa yang tak kalah enak. Varian ini tidak mengandung gula pasir serta dapat disimpan pada suhu ruang.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com