Advertorial

Program JKN Bikin Masyarakat Tenang untuk Berobat

Kompas.com - 30/10/2023, 21:18 WIB

KOMPAS.com - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada beberapa waktu terakhir berhasil membuktikan posisinya sebagai pilar penting dalam menyediakan jaminan kesehatan berkualitas bagi masyarakat di Tanah Air.

Lewat berbagai inovasi dan transformasi mutu layanan, pelayanan kesehatan terhadap peserta Program JKN menjadi semakin baik.

Hal itu diamini Intan Hayati (32), peserta aktif Program JKN dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Warga Kelurahan Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), itu menilai pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan kian mudah, cepat, dan setara.

Ia pun bersyukur telah tergabung sebagai peserta Program JKN. Terlebih, dari segmen PBI yang iurannya telah dibayarkan oleh pemerintah.

“Saya merasakan perubahan positif sejak menjadi peserta BPJS Kesehatan. Sebelumnya, biaya pemeriksaan kesehatan terbilang cukup tinggi. Namun, berkat Program JKN, masyarakat bisa merasakan pelayanan kesehatan berkualitas secara gratis. Jadi, kami sudah tidak khawatir lagi soal biaya kesehatan," ujar Intan dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (30/10/2023).

Lebih lanjut, Intan menceritakan pengalaman dirinya selama menjadi peserta Program JKN.

Menurut Intan, petugas medis di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) melayani pasien dengan baik dan profesional.

“Ketersediaan sarana dan prasarana di fasilitas kesehatan (faskes) pun cukup lengkap sehingga mampu menunjang kebutuhan pasien yang datang untuk berobat,” kata Intan.

Untuk diketahui, Intan menjalani pemeriksaan lantaran ada keluhan kesehatan pada bagian mata. Adapun pemeriksaan mata serta pengobatan seluruhnya ditanggung oleh Program JKN sehingga tidak memberatkan pasien.

Intan mengatakan, pelayanan berkualitas di Puskesmas ataupun rumah sakit menjadikan pasien lebih tenang saat menjalani pengobatan.

“Dengan adanya Program JKN, saya dan keluarga tidak khawatir kalau sewaktu-waktu sakit dapat mengandalkan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pengobatan,” tambahnya.

Intan berharap, semakin banyak masyarakat yang bisa mendapatkan pelayanan kesehatan berkualitas seperti yang ia rasakan.

Program JKN pun diharapkan dapat terus eksis menjamin kesehatan setiap warga negara Indonesia. Pasalnya, kesehatan merupakan hak dasar bagi setiap pribadi masyarakat. Program JKN hadir untuk memastikan hak mendapatkan pelayanan kesehatan dapat diterima oleh masyarakat.

"Tentunya dengan kualitas layanan yang terbaik, harapan kami, pelayanan Program JKN dapat ditingkatkan serta berlangsung berkesinambungan untuk melayani masyarakat yang butuh pelayanan kesehatan," imbuhnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com