Advertorial

Rayakan Hari Pahlawan, PORA Kusuma Harapan Gelar Kompetisi KASAL Cup 2023

Kompas.com - 31/10/2023, 13:15 WIB

KOMPAS.com – Klub olahraga polo air PORA Kusuma Harapan bersama Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) bakal menggelar kompetisi antarklub polo air terbesar, KASAL Cup 2023, di Kolam Renang Bulungan, Jakarta Selatan (Jaksel), mulai Selasa (7/11/2023) hingga Sabtu (11/11/2023).

Mengusung tema bertajuk “Pahlawan Muda Polo Air Indonesia”, kompetisi tersebut digelar dalam rangka Hari Pahlawan yang jatuh pada setiap 10 November.

Lewat kompetisi polo air tersebut, cita-cita PORA Kusuma Harapan sebagai wadah bagi atlet muda untuk menunjukkan bakat dan potensi agar makin berkembang diharapkan dapat terwujud.

Kompetisi tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap olahraga polo air.

Atlet Timnas Polo Air Indonesia sekaligus Pelatih PORA Kusuma Harapan Brandley Legawa mengatakan, kompetisi tersebut juga bertujuan untuk membentuk semangat atlet muda sekaligus mengampanyekan polo air bagian dari gaya hidup sehat.

“Kami akan bertanding selama lima hari dengan 13 tim. Kompetisi ini merupakan kejuaraan antarklub polo air terbesar dengan tim terbanyak dalam sejarah polo air di Indonesia,” ujar Brandley dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (30/11/2023).

Untuk diketahui, KASAL Cup 2023 terdiri dari 44 pertandingan yang diikuti oleh 13 tim dari berbagai daerah, mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sumatera Selatan (Sumsel), Sumatera Utara (Sumut), hingga Sulawesi Selatan (Sulsel).

Untuk mewujudkan pertandingan tersebut, lanjut Brandley, PORA Kusuma Harapan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Adapun Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengundang sekolah-sekolah di wilayahnya, mulai dari jenjang sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP), untuk memperkenalkan sekaligus mengedukasi murid-murid seputar olahraga polo air.

“Dengan begitu, bibit-bibit baru berprestasi di bidang olahraga polo air dapat muncul,” kata Brandley.

Sebagai informasi, atlet ataupun pencinta olahraga yang ingin berkenalan dengan olahraga polo air dapat mendatangi open registration melalui standing booth yang dibuka PORA Kusuma Harapan selama gelaran kompetisi berlangsung.

Inisiatif tersebut diharapkan dapat menyemai atlet bibit unggul yang dapat mengharumkan Indonesia di kancah internasional lewat olahraga polo air.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com