Advertorial

4 Makanan Wajib di Dapur bagi Diabetesi untuk Jaga Gula Darah

Kompas.com - 31/10/2023, 16:47 WIB

KOMPAS.com - Meski diabetes dikategorikan sebagai penyakit yang tak dapat disembuhkan, penyandang diabetes tetap dapat menjalani hidup berkualitas serta melakukan aktivitas sehari-hari. 

Salah satu kunci yang perlu dilakukan adalah menjalani pola hidup sehat guna meminimalkan peningkatan risiko berbagai komplikasi.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin serta olahraga atau latihan fisik, hal yang tak boleh terlewat adalah mengubah pola makan sehat yang dapat mengontrol gula darah.

Perubahan pola makan sehat tersebut dapat dimulai dari dapur. Pasalnya, dengan memiliki persediaan makanan sehat di dapur, Anda jadi lebih mudah untuk mengatur rencana menu makanan yang disantap setiap hari. 

Lantas, apa saja daftar makanan sehat kaya nutrisi dan mengandung karbohidrat baik yang wajib masuk daftar belanja untuk stok di dapur?

  1. Ikan

Salah satu bahan makanan bernutrisi yang perlu dimasukkan dalam daftar persediaan makanan di dapur untuk penyandang diabetes adalah ikan.

Untuk diketahui, ikan merupakan salah satu sumber pangan kaya protein yang mengandung asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Adapun kandungan ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung akibat diabetes, serta menstabilkan kadar gula dalam darah.

Jenis ikan yang dapat dipilih pun beragam, seperti salmon, tuna, makarel, dan kembung. Guna mendapatkan manfaat optimal dari ikan tinggi omega-3, sebaiknya makanan tersebut dikonsumsi dua kali seminggu secara teratur.

  1. Kacang-kacangan

Selain ikan, kacang-kacangan juga aman dikonsumsi untuk penyandang diabetes sebagai salah satu sumber karbohidrat.

Adapun jenis kacang-kacangan yang dapat tersedia di rumah sebagai stok makanan antara lain almond, kenari, pistachio, dan mete. Jenis kacang-kacangan ini sangat baik untuk penderita diabetes karena mengandung vitamin, mineral, kalsium, dan asam lemak tak jenuh.

Kandungan serat dalam kacang-kacangan dapat membuat Anda mudah kenyang sehingga Anda dapat mengurangi keinginan mengonsumsi makanan manis. Selain itu, kacang-kacangan juga bisa membantu menurunkan berat badan serta meminimalkan risiko penyakit jantung.

  1. Sayur dan buah-buahan

Bahan makanan berikutnya yang wajib tersedia untuk stok makanan di dapur adalah sayur dan buah-buahan.

Anda dapat mengutamakan sayur yang berwarna hijau karena kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai esensial lainnya. Sebagai contoh, brokoli, bayam, sawi, bok choy, atau kubis sebagai bahan masakan.

Untuk buah-buahan, pilihlah yang kaya antioksidan untuk membantu mencegah stres oksidatif, seperti stroberi atau blueberry. Selain kaya antioksidan, buah beri tinggi serat dan mengandung berbagai mineral serta vitamin esensial yang bisa membantu mencegah kenaikan kadar gula darah secara drastis.

  1. Karbohidrat kompleks

Bahan pangan yang mengandung karbohidrat kompleks juga dapat dijadikan stok makanan di dapur bagi penderita diabetes. 

Seperti diketahui, fungsi utama karbohidrat yakni menjadi sumber energi untuk tubuh. Namun, karbohidrat kompleks dianggap sebagai pilihan yang lebih baik karena mengandung nutrisi lebih lengkap untuk tubuh. 

Tidak hanya itu, karbohidrat kompleks memiliki rantai molekul yang lebih panjang sehingga memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna. Adapun karbohidrat kompleks dapat ditemukan pada makanan utuh, seperti beras merah, gandum utuh, sereal multigrain, dan jelai. Selain itu, karbohidrat kompleks juga terdapat pada ubi jalar, jagung, serta kentang.

Selain bahan-bahan tersebut, penderita diabetes juga dapat melengkapinya dengan makanan yang mengandung isomaltulosa sebagai energi untuk tubuh. Isomaltulosa sendiri merupakan zat karbohidrat alami yang bersumber dari madu, tebu, ataupun sumber glukosa lainnya.

Isomaltulosa yang masuk bersama makanan atau minuman akan diserap oleh tubuh 26-45 persen lebih lambat dari jenis gula lainnya. Dengan demikian, gula darah stabil dan menimbulkan efek kenyang yang lebih lama.

Itulah empat bahan makanan yang wajib masuk dalam daftar belanja untuk persediaan di dapur bagi para diabetesi.

Selain mengonsumsi empat bahan makanan tersebut, tak kalah penting adalah mengonsumsi nutrisi khusus untuk diabetes. Pasalnya, nutrisi khusus diabetes mengandung nutrisi yang tepat untuk menjaga imun tubuh serta gula darah.

Adapun salah satu nutrisi khusus yang dapat dikonsumsi sehari-hari bagi para diabetesi, yaitu Diabetasol. Diabetasol adalah asupan nutrisi pengganti makan yang lengkap dan seimbang untuk para diabetesi.

Salah satu kandungan dalam Diabetasol adalah Vita Digest yang terdiri dari isomaltosa. Zat ini merupakan karbohidrat baik untuk mengontrol gula darah.

Hal itu karena Indeks Glikemik dalam Diabetasol masuk dalam kategori rendah sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah penyandang diabetes. Diabetasol dilengkapi dengan kandungan protein, omega-3, tinggi serat, tinggi kalsium, vitamin D, vitamin A, C, E, dan zink sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh diabetesi.

Selain itu, Diabetasol dapat menjaga daya tahan tubuh, kesehatan tulang & sendi, kesehatan pencernaan serta menurunkan hipertensi dan kolesterol.

Untuk mendapatkan manfaat optimal, Anda direkomendasikan mengonsumsi Diabetasol dua kali sehari sebagai pengganti makan pagi dan sebelum tidur untuk kontrol gula darah yang baik.

Mari jaga kadar gula darah agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Untuk mendapatkan produk Diabetasol, klik tautan berikut.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com