Advertorial

Honda Bikers Day Tuai Antusiasme Tinggi, Dihadiri 34.000 Bikers dan 750 Komunitas Sepeda Motor Honda

Kompas.com - 31/10/2023, 18:59 WIB

KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) mengadakan kegiatan puncak dari event Honda Bikers Day (HBD) 2023, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (28/10/2023).

Acara tersebut diselenggarakan sebagai wadah pertemuan bagi komunitas pengendara Honda yang ada di seluruh Indonesia, mulai dari jenis matic, cub (bebek), sport, hingga big bike.

Adapun HBD 2023 dihadiri oleh 34.377 bikers Honda yang berasal dari lebih dari 750 komunitas di seluruh Indonesia.

Mereka hadir dan berkumpul untuk merayakan dan mempererat semangat persaudaraan dalam berkendara di acara yang rutin diadakan oleh AHM itu.

HBD 2023 sendiri hadir dengan tema "Bersama Penuh Arti". Tema ini mencerminkan semangat menemani dan berbagi kebahagiaan dalam berkendara.

Untuk diketahui, event HBD kembali diadakan setelah sempat vakum sejak 2020 akibat adanya pandemi Covid-19.

General Manager Marketing Planning and Analysis PT AHM Andy Wijaya Honda Bikers Day (HBD) 2023 mengatakan, HBD adalah bentuk apresiasi kepada komunitas Honda di Indonesia sekaligus wadah untuk mereka berkumpul, bersatu, dan mempererat tali persaudaraan antarpenggemar sepeda motor Honda di Indonesia.

“Setelah vakum selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19, HBD 2023 menjadi momen berharga bagi para bikers untuk bertemu teman lama, memperluas jaringan dengan anggota baru, dan memupuk hubungan yang erat. Kebersamaan ini juga berdampak positif pada masyarakat, terutama pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sekitar lokasi,” ujar Andy.

Para bikers Honda yang berasal dari seluruh Indonesia yang ada di HBD 2023.Dok. AHM Para bikers Honda yang berasal dari seluruh Indonesia yang ada di HBD 2023.

Sebelum berlangsung di Malang, rangkaian HBD 2023 dimulai dengan HBD regional Sumatera. Tepatnya di PKOR Way Halim, Lampung pada Sabtu (23/9/2023). Kegiatan ini berhasil menyatukan sekitar 5.000 bikers Honda.

Kemudian, kegiatan HBD kembali dilanjutkan di Qubu Resort, Pontianak, Kalimantan Barat, dan dihadiri oleh lebih dari 2.500 bikers Honda pada Sabtu (30/9/2023).

Selanjutnya, AHM mengadakan HBD di Lapangan Rindam XIII Merdeka, Tomohon, Sulawesi Utara pada Sabtu (7/10/2023). Penyelenggaraan HBD regional Sulawesi ini dihadiri oleh sekitar 2.000 bikers Honda.

Antusiasme tinggi perserta

Event HBD yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh AHM jadi salah satu kegiatan yang paling dinanti oleh para komunitas bikers Honda yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, tak heran jika penyelenggaraan HBD 2023 mendapat antusiasme yang tinggi.

Seperti Mirza Ramadhan (25 tahun), dari komunitas Scoopy Langsa Aceh, misalnya. Saking antusiasnya, ia bersama temannya rela berkendara selama kurang lebih 17 hari dan menempuh perjalanan sekitar 6.000 km, dari Aceh ke Malang demi menghadiri HBD 2023.

“Jadi, tiga tahun ini kan acaranya enggak ada semenjak Covid-19. Saya bela-belain ke Malang (Jatim) karena ingin hadir di HBD 2023. Saya (inisiatif) sendiri,” kata Mirza seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (29/10/2023).

Mirza, bikers Honda yang menempuh perjalanan dari Aceh ke Malang dengan sepeda motor Scoopy demi menghadiri HBD 2023.Dok. Mirza Ramadhan Mirza, bikers Honda yang menempuh perjalanan dari Aceh ke Malang dengan sepeda motor Scoopy demi menghadiri HBD 2023.

Mirza mengaku, dirinya sangat termotivasi untuk datang ke acara kali ini karena pengalaman menarik yang pernah ia rasakan saat datang ke HBD 2019 di Ambarawa.

Adapun dalam perjalanan menuju Malang, Mirza mengendarai Scoopy generasi keempat yang dilengkapi fitur Enhanced Smart Power (ESP), Idling Stop System (ISS), lampu penerangan utama LED, dan rangka Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF).

Dipilihnya Honda Scoopy sebagai teman perjalanannya itu bukan tanpa alasan. Selain merupakan anggota komunitas Scoopy Langsa Aceh, skutik ini juga telah jadi tungganannya sejak 2014.

“Impresi aman-aman saja, nyaman, enggak ada masalah. Motor enggak ada ubahan dan standar. Selama berkendara saya ganti oli saja dan cuma dua kali ganti. Kampas rem pun aman,”kata Mirza.

Mirza menambahkan, selama perjalanan, dirinya tak menemui kendala apa pun termasuk kekhawatiran lain terkait sepeda motor.

Hadirkan aktivitas menarik

Selain dapat berkumpul bersama para bikers dari berbagai komunitas di Tanah Air, peserta HBD 2023 juga merasa senang karena terhibur dengan banyaknya aktivitas positif dan inspiratif yang diadakan sepanjang acara berlangsung.

Aktivitas tersebut, mulai dari silaturahmi dan gathering antarkomunitas, riding test bagi para pengunjung yang ingin mencoba performa sepeda motor Honda, hingga hadirnya ragam aksesori sepeda motor dan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari warga lokal.

Pada HBD 2023 di Malang, para bikers yang hadir diajak oleh AHM untuk terlibat dalam kegiatan sosial. Salah satunya, memberikan tenda untuk UMKM demi mendukung usaha mereka di sekitar Lapangan Rampal.

Kegiatan musik yang ada pada HBD 2023.Dok. AHM Kegiatan musik yang ada pada HBD 2023.

Selain itu, perwakilan komunitas Honda dari berbagai provinsi juga diajak untuk membersihkan Candi Singosari dan menambah tempat sampah sebagai upaya pelestarian budaya.

Adapun pada malam puncak HBD 2023, AHM menghadirkan ragam hiburan, seperti kegiatan bikers ceremony atau bikers parade yang menggambarkan persaudaraan antarkomunitas melalui pembacaan ikrar bikers Honda.

Tak hanya itu, ada pula hiburan tarian tradisional untuk melestarikan budaya daerah dan performa musik.

Sebagai informasi, ajang HBD pertama kali diadakan pada 2009 di Pangandaran, Jawa Barat (Jabar). Penyelenggaraan pertama ini dihadiri oleh sekitar 5.000 peserta.

Acara tersebut pun terus berkembang hingga saat ini dan berhasil mengalami peningkatan peserta setiap tahunnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com