Advertorial

Film Budi Pekerti Karya Wregas Bhanuteja Kini Tayang di Bioskop Tanah Air

Kompas.com - 02/11/2023, 14:01 WIB

KOMPAS.com - Film bertajuk Budi Pekerti besutan sutradara Wregas Bhanuteja resmi tayang di bioskop-bioskop Tanah Air mulai hari ini, Kamis (2/11/2023).

Adapun skenario film Budi Pekerti ditulis sendiri oleh Wregas Bhanuteja dan diproduseri oleh Adi Ekatama, Willawati, dan Iman Usman.

Diproduksi oleh Rekata Studio dan Kaninga Pictures, film anyar besutan Wregas didukung sejumlah pihak, mulai dari KG Media, Hwallywood Academy of Media & Arts Singapore, Momo Films, dan Masih Belajar. 

Berlatar di Yogyakarta semasa pandemi, film Budi Pekerti berkisah tentang Bu Prani, seorang guru bimbingan konseling (BK) yang video perselisihannya dengan pengunjung pasar menjadi viral di media sosial (medsos).

Akibat tindakannya yang dinilai tidak mencerminkan pribadi seorang guru, dia dan keluarganya mendapat perundungan, mulai dari dicari-cari kesalahan lainnya hingga terancam kehilangan pekerjaan.

Pengabdiannya selama bertahun-tahun sebagai guru seolah menguap begitu saja hanya dengan adanya video berdurasi 20 detik.

Untuk diketahui, film Budi Pekerti dibintangi oleh Sha Ine Febriyanti, Angga Yunanda, Prilly Latuconsina, Dwi Sasono, Omara Esteghlal, Ari Lesmana, serta deretan pemain berbakat Tanah Air.

Febriyanti mengungkapkan bahwa dirinya gembira kisah Bu Prani dan keluarga akhirnya bisa disaksikan oleh penonton Indonesia.

“Semoga film ini bisa diterima dengan baik. Siapa pun yang menonton film ini bisa mendapatkan pencerahan,” ujar Febriyanti dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (1/11/2023).

Lewat peran dirinya dalam film tersebut, Febriyanti berhasil mendapatkan nominasi Piala Citra kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik.

Wregas mengatakan, film Budi Pekerti sebelumnya telah diputar di festival luar negeri, seperti Toronto International Film Festival (TIFF) 2023, SXSW Sydney 2023 Screen Festival, dan menjadi film pembuka di Jakarta Film Week 2023. Film tersebut juga telah diputar secara khusus di Yogyakarta dan Bandung.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, film Budi Pekerti berhasil mendapat 17 nominasi Festival Film Indonesia 2023, serta akan tayang sebagai official selection di Taipei Golden Horse International Film Festival 2023.

Budi Pekerti mendapatkan respons positif dan sangat baik setelah pemutarannya di festival luar negeri. Meskipun kisah Bu Prani dan keluarga berlatar Indonesia, film ini mengangkat cerita universal yang relevan karena berpotensi terjadi di berbagai belahan dunia,” ujar Wregas.

Ia pun mengaku terharu sekaligus bangga karena film Budi Pekerti yang telah dinanti-nantikan dapat tayang perdana di Jakarta dan serempak di bioskop-bioskop Tanah Air.

Adapun Gala Premiere dan konferensi pers film Budi Pekerti di Jakarta, Senin (30/10/2023) disambut dengan antusias oleh para tamu undangan, selebritas, dan awak media.

Produser film Budi Pekerti Adi Ekatamamenyambut bahagia Gala Premiere Budi Pekerti yang digelar di XXI Plaza Senayan.

“Gala Premiere Budi Pekerti di Jakarta merupakan pemutaran yang sudah kami nanti. Para kerabat dan orang-orang yang sudah mendukung kami akhirnya bisa menyaksikan film ini. Mulai hari ini, seluruh masyarakat Indonesia bisa menyaksikan Budi Pekerti,” kata Adi.

Ia berharap, film tersebut dapat menyentuh hati para penonton serta pencinta film Indonesia.

“Kami berharap, film Budi Pekerti menjadi pengingat agar (siapa pun) tidak mudah menghakimi seseorang hanya dari sebuah video beberapa detik yang viral,” tutur Adi.

Setelah Gala Premiere di Jakarta, film Budi Pekerti akan menyapa penontonnya di berbagai kota di Indonesia dan berkeliling ke beberapa festival internasional lainnya. Pantau terus akun media sosial film Budi Pekerti dan Rekata Studio, atau hubungi Tim Publisis Film Budi Pekerti untuk informasi terkini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com