Advertorial

Kepsek Asal HST Raih Penghargaan dan Temukan Solusi Pendidikan di TPN X

Kompas.com - 03/11/2023, 13:54 WIB

KOMPAS.com - Cerita Guru Belajar menggelar puncak Temu Pendidik Nusantara (TPN) X di Basketball Hall, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (21/10/2023).

Rangkaian acara tersebut telah dimulai sejak akhir Mei 2023. Adapun agenda luring digelar di 50 daerah pada Agustus-September 2023 dan secara daring di lebih dari 100 daerah pada awal Oktober 2023.

Sebagai informasi, TPN merupakan forum tahunan yang memfasilitasi unjuk karya penggerak perubahan pendidikan melalui tantangan praktik baik, pameran karya, dan apresiasi. Forum ini diikuti oleh lebih dari 16.000 pendidik dari berbagai daerah. Dari angka tersebut, sebanyak 2.500 di antaranya hadir di puncak TPN X.

Salah seorang peserta asal Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, Abdul Mujib, menempuh perjalanan selama beberapa jam demi hadir di puncak TPN X.

Ia pun merasa bersyukur dapat menghadiri acara tersebut karena mendapat suntikan energi dan inspirasi dari pendidik lainnya.

“TPN itu event miliknya guru-guru. Di sini, kita merayakan belajar kita. Bisa bertemu dengan teman-teman, ngobrol, rasanya luar biasa,” kata Mujib dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (2/11/2023).

Mujib mengaku sempat berbincang dengan guru asal Pesisir Selatan, Tuban, Mojokerto, Kupang, dan Medan. Dari perbincangan tersebut, dia mendapat ide kolaborasi pendidikan yang harus diinisiasi ketika kembali ke HST.

Raih penghargaan

Pada puncak TPN X, Mujib mendapat penghargaan sebagai kepala sekolah yang berdampak untuk ekosistem pendidikan di daerah asalnya.

Ia mengaku bahwa baru pertama kali mendapatkan apresiasi seperti itu setelah mengabdi sebagai tenaga pendidik selama 14 tahun.

“Iya ini pertama kali. Ternyata, apa yang saya lakukan ada juga ya yang melihat. Tentu itu bukan tujuan saya melakukan perubahan, tapi saya senang ketika ada orang lain yang melihatnya. Bahkan, Pak Bupati (HST) mengucapkan selamat,” cerita Mujib.

Mujib mendapatkan penghargaan tersebut karena berhasil melakukan beragam upaya agar anak-anak setempat mau melanjutkan sekolah ke jenjang SMP. Dia juga pernah menjadi penghubung informasi ke media massa ketika HST terkepung banjir sehingga bantuan datang, khususnya ke wilayah yang terisolasi.

Ia pun sudah menyiapkan oleh-oleh spesial untuk guru penggerak di komunitas belajarnya, Komunitas Guru Belajar Nusantara Hulu Sungai Tengah. Oleh-oleh itu berupa inspirasi pameran karya murid yang baru dia dapatkan ketika menghadiri puncak TPN X.

“Saya kagum dengan pameran karya murid yang tidak mewah, tetapi bermakna. Pameran sederhana bisa menjawab keresahan guru-guru di HST yang sering kali terjebak pemikiran dan miskonsepsi bahwa pameran karya harus terlihat mahal,” ungkap Mujib.

Sebagai informasi, terdapat 33 karya murid yang dipamerkan di puncak TPN X. Setiap murid siap memberikan penjelasan mengenai karyanya ketika ada pengunjung yang mampir. Adapun karya tersebut berupa solusi atas permasalahan yang mereka temukan di sekitar lingkungan pendidikan.

Rencananya, rangkaian TPN XI bakal digelar pada Februari 2024. Tema yang diangkat adalah “Pemimpin Pendidikan yang Berdaya”.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com