Advertorial

Pintar Berdagang, Nasabah PNM Ini Turut Berdayakan Perempuan di Lingkungannya

Kompas.com - 03/11/2023, 16:21 WIB

KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) senantiasa membantu nasabah dalam menyediakan modal untuk kegiatan usaha.

Salah satu nasabah yang sudah merasakan langsung bantuan permodalan dari PNM adalah Indriati (46 tahun). Setelah merasakan langsung manfaat bantuan PNM, Indriati turut membantu sesama nasabah yang membutuhkan bantuan.

Wanita yang akrab dipanggil Iin itu menjembatani lebih dari 10 kerabat untuk mendapatkan akses permodalan PNM.

Iin dikenal ulet berdagang karena menjadi tulang punggung keluarga. Adapun jenis usaha yang ia jalani meliputi jajanan pasar, minuman manis, mainan anak, kue kering, serta warung kelontong.

“Saya gampang bosan dan selalu penasaran. Semua usaha saya laku semua,” ujar Iin dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (3/11/2023).

Berkat keuletan dan kerja kerasnya, Iin berhasil menyekolahkan anak-anaknya hingga masuk ke perguruan tinggi.

Tak berhenti di situ, Iin juga memberdayakan perempuan di sekitarnya. Warung miliknya diberikan kepada kakaknya untuk dilanjutkan.

Iin juga mengajarkan berdagang yang baik kepada kerabat dan tetangga. Tak heran, rumahnya kerap didatanggi kerabat yang ingin menanyakan kiat sukses berdagang. Atas bimbingannya, anak sulungnya giat berdagang voucer pulsa.

Bicara soal akses permodalan, Iin juga menjadi Ketua Kelompok PNM Mekaar sejak 7 tahun lalu. Kakak dan tetangganya juga bergabung dalam kelompoknya sehingga mampu memulai usaha.

Selain itu, lin juga berhasil membantu 7 orang untuk mendapatkan akses terhadap Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Melalui program PNM Mekaar, lin selalu menyambut nasabah baru dengan tangan terbuka. Menurutnya, nasabah PNM Mekaar bisa mendapatkan berbagai manfaat, mulai dari modal finansial, intelektual, serta sosial.

lin memang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan menjalankan prinsip saling memberdayakan kepada nasabah PNM Mekaar.

“Selain maju dan mandiri, perempuan juga harus tulus dan punya niat untuk bantu orang,” ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com