Advertorial

Ulang Tahun ke-55, BPJS Kesehatan Perkuat Kemitraan Lewat Turnamen Tenis

Kompas.com - 05/11/2023, 14:36 WIB

KOMPAS.com – BPJS Kesehatan merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-55 pada tahun ini. Sebagai bagian dari rangkaian perayaan, BPJS Kesehatan menggelar Turnamen Tenis Kemitraan Tahun 2023, Sabtu (4/11/2023).

Turnamen yang diselenggarakan oleh Koperasi Bhakti BPJS Kesehatan ditujukan untuk memperkuat kolaborasi dengan berbagai stakeholder mitra, seperti kementerian/lembaga dan perbankan melalui semangat sportivitas. Oleh karena itu, pesertanya adalah perwakilan dari BPJS Kesehatan dan stakeholder mitra.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti mengatakan kolaborasi dengan instansi yang menjadi mitra sangat penting bagi pihaknya dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Pada acara yang dihadiri oleh Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Abdul Kadir tersebut, Ghufron juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk membuat komunikasi, kemitraan, dan hubungan profesional yang luwes di antara berbagai instansi.

“Tak hanya itu, kami juga mengajak mitra untuk beradu kemampuan olahraga dengan para pejabat lembaga. Selain mempererat relasi, harapan kami semua jadi ketagihan olahraga sehingga bersama-sama sehat dan bugar,” ujar Ghufron dalam acara turnamen dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Minggu (5/11/2023).

BPJS Kesehatan, lanjut Ghufron, terus membina hubungan kemitraan yang baik dengan seluruh kementerian/lembaga, perusahaan perbankan, dan instansi lainnya. Tujuan utamanya adalah mengoptimalkan pelaksanaan program JKN.

Optimalisasi program dilakukan dengan perluasan cakupan kepesertaan JKN, perluasan kanal pembayaran iuran JKN, pemanfaatan teknologi digital untuk mengakses layanan, hingga edukasi manfaat dan pentingnya menjadi anggota program JKN kepada masyarakat.

Menjadi contoh upaya pemeliharaan kesehatan preventif

Penyelenggaraan turnamen tenis tersebut tidak hanya untuk mempererat kemitraan, tetapi juga sebagai teladan pemeliharaan kesehatan secara preventif. Gaya hidup sehat, seperti olahraga, menjadi langkah untuk memperkecil risiko timbulnya beragam penyakit pada tubuh. 

Juara 1 Kategori Veteran Kementerian/Lembaga diraih oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. DOK. BPJS Kesehatan Juara 1 Kategori Veteran Kementerian/Lembaga diraih oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Dengan budaya hidup sehat lewat aktif berolahraga, masyarakat Indonesia tidak lagi melakukan perawatan kesehatan yang kuratif, atau baru mengobati diri setelah sakit.

"Di tengah aktivitas yang begitu padat, kita acapkali mengesampingkan rutinitas olahraga.Padahal, berbagai penyakit kronis sangat bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan rutin berolahraga yang baik untuk kesehatan jiwa dan raga,” kata Ghufron.

Pada kesempatan tersebut, Ghufron juga menyampaikan apresiasinya kepada tenaga medis dan penyelenggara Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang konsisten mempromosikan gaya hidup sehat kepada masyarakat.

“Terima kasih atas kontribusinya memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan yang baik kepada peserta JKN sebagai garda terdepan," ucap Ghufron.

Turnamen diikuti ratusan peserta

Ketua Koperasi Jasa Bhakti BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara sekaligus Ketua Panitia Turnamen Tenis Kemitraan Tahun 2023, Yoelizar Zubir mengatakan bahwa peserta turnamen pencapai 214 orang. Mereka berasal dari berbagai kementerian/lembaga dan instansi.

Juara 1 Kategori Madya Kementerian/Lembaga diraih oleh Bank Jatim. DOK. BPJS Kesehatan Juara 1 Kategori Madya Kementerian/Lembaga diraih oleh Bank Jatim.

“Semoga melalui turnamen ini sinergitas sektoral semakin erat dan terbangun sehingga dapat mendukung penyelenggaraan program JKN. Harapannya, program JKN pun bisa jadi kebanggaan masyarakat Indonesia,” kata Yoelizar.

Sebagai informasi, 214 peserta bertanding untuk dua kategori, yakni Ganda Veteran Kementerian/Lembaga dan Ganda Madya Veteran Kementerian/Lembaga.

Juara pertama kategori Ganda Veteran Kementerian/Lembaga diraih oleh pasangan Bahrodin dan Leonard P dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Sementara itu, juara pertama kategori Ganda Madya Veteran Kementerian/Lembaga diraih oleh pasangan Cahya Prasetya dan Arif Rohmatdo dari Bank Jatim.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com