Advertorial

Kedepankan Value dan Kualitas, TeeBee Daycare Taruna Bakti Bikin Anak Senang dan Orangtua Tenang

Kompas.com - 06/11/2023, 14:33 WIB

KOMPAS.com - Kesibukan dan jadwal padat pekerjaan menjadi salah satu alasan orangtua untuk memanfaatkan fasilitas daycare sebagai alternatif pengasuhan dan pengawasan anak.

Fasilitas tersebut dinilai dapat membantu orangtua untuk mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan anak tanpa harus mengorbankan waktu bekerja atau bisnis.

Untuk diketahui, kebutuhan terhadap fasilitas daycare di negara-negara maju cukup tinggi. Di Amerika Serikat (AS), misalnya. Hasil penelitian National Institute of Child Health and Human Development (NICHD) menyebutkan bahwa keluarga di Negeri Paman Sam lebih memilih menitipkan anak mereka di daycare dibanding mempekerjakan pengasuh anak.

Di Indonesia sendiri, perkembangan daycare dalam beberapa tahun terakhir mulai menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

Kepala TeeBee Daycare, Kelompok Bermain (KB), dan Taman Kanak-Kanak (TK) Taruna Bakti Indriyana Wahyuni SS, MPd mengatakan bahwa minat orangtua terhadap fasilitas penitipan anak (daycare) di Indonesia, khususnya Bandung, Jawa Barat (Jabar) cukup bagus.

Namun, Indriyana mengimbau kepada para orangtua agar teliti dalam memilih daycare. Orangtua perlu memilih daycare yang tepercaya dan mempunyai program pengasuhan yang baik untuk anak-anak.

Indri pun membeberkan sejumlah indikator penting yang harus diperhatikan orangtua sebelum memilih lembaga daycare untuk menitipkan anak. Berikut adalah ulasannya.

  1. Punya program unggulan

Lembaga daycare perlu memiliki program yang jelas dan tepat sasaran. Sebab, lembaga ini tak hanya berperan sebagai tempat penitipan, tetapi juga sebagai tempat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Maka dari itu, orangtua wajib memilih daycare dengan program unggulan yang jelas agar perkembangan anak bisa semakin optimal.

  1. Pembelajaran bersifat pembiasaan

Pembelajaran di daycare umumnya mengusung konsep bermain yang diintegrasikan ke dalam pembiasaan sehari-hari.

Adapun pembiasaan tersebut bertujuan untuk melatih kemampuan kognitif, bahasa, sensori, motorik, dan sosial emosional anak.

Upaya itu biasanya diberikan pada setiap kesempatan pembelajaran bermain yang dilakukan dengan cara menyenangkan, seperti yang disediakan di TeeBee Daycare.

  1. Fasilitas lengkap

Agar pembelajaran dan pengasuhan dapat berjalan berkesinambungan, daycare perlu menyediakan fasilitas yang lengkap.

TeeBee Daycare Taruna Bakti punya fasilitas lengkap. Dok. TeeBee Daycare Taruna Bakti TeeBee Daycare Taruna Bakti punya fasilitas lengkap.

Fasilitas tersebut di antaranya adalah ruang kelas yang nyaman, kamar mandi ramah anak, mainan-mainan yang disesuaikan dengan kebutuhan tumbuh kembang anak, katering ramah anak, ruangan perpustakaan, dan playground outdoor ataupun indoor.

  1. Tenaga pendidik profesional

Tenaga pendidik profesional di daycare umumnya memiliki sejumlah tugas utama, seperti merancang, membimbing, melatih, menjaga, dan melaporkan hasil pembelajaran berdasarkan perkembangan anak secara utuh sesuai dengan capaian usianya.

Seorang pendidik atau pengasuh juga harus mampu melihat perbedaan perkembangan masing-masing anak dan memberikan stimulasi yang tepat dalam membantu perkembangannya.

Itulah tadi empat hal yang harus diperhatikan orangtua dalam memilih lembaga daycare berkualitas.

Dengan memperhatikan hal tersebut, orangtua diharapkan dapat kembali bekerja dengan tenang, serta anak lebih senang dan optimal tumbuh kembangnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com