Advertorial

Presiden Jokowi Pimpin Sejumlah Agenda pada Hari Ke-2 Kompas100 CEO Forum

Kompas.com - 06/11/2023, 14:41 WIB

KOMPAS.com - Kompas100 CEO Forum Powered by PLN edisi ke-14 dengan tema "Melaju Menuju Indonesia Emas" yang digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), dan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu (1/11/2023) hingga Kamis (2/11/2023) resmi berakhir.

Forum tersebut dihadirkan sebagai ajang dialog antara CEO, pemerintah, akademisi, publik, dan pemangku kepentingan. Hasil yang diharapkan dari forum adalah kolaborasi semua pihak untuk berkontribusi dalam membangun Indonesia.

Selain itu, Kompas100 CEO Forum Powered by PLN juga menjadi momentum dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan sebagai bagian dari tahap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui keterlibatan pelaku sektor usaha nasional.

Adapun hari kedua penyelenggaraan kegiatan itu dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi).

Terdapat sejumlah kegiatan penting yang dipimpin oleh Jokowi saat dirinya berada di sana. Salah satunya adalah kunjungan ke Persemaian Mentawir, persemaian terbesar Indonesia, yang terletak di Penajam Paser Utara, Kaltim bersama para CEO dari sejumlah perusahaan.

Pusat Persemaian Mentawir sendiri merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (Kementerian PUPR), dan PT Indo Tambangraya Megah melalui program Public Private Partnership.

Pusat persemaian itu memiliki kapasitas produksi bibit hingga 15 juta batang per tahun. Persemaian ini dibangun untuk mewujudkan IKN sebagai Forest City.

Saat berada di sana, para CEO yang hadir pun merasa kagum dengan pemandangan yang mereka saksikan.

CEO Dexa Group Hery Sutanto mengatakan, persemaian tersebut sangat luar biasa karena banyak ditumbuhi oleh pepohonan yang berfungsi untuk menambah penghijauan di area IKN.

“Luar biasa Pak Jokowi karena sudah mempersiapkan IKN sebagai kota yang menerapkan konsep hijau dan futuristik,” ujar Hery dilansir dari laman Kompas.id, Jumat (3/11/2023).

Senada dengan Hery, CEO Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja juga tak bisa menyimpan kekagumannya setelah berkunjung ke persemaian terbesar di Tanah Air itu.

“Kagum sekali dan tak menyangka di sini (Mentawir) ada sekitar 16 juta pohon yang ditanam untuk menghijaukan Kalimantan. Ini upaya yang sangat baik,” ucap Parwati.

Jokowi saat berada di Persemaian Mentawir. (Dok. Kompas/C Wahyu Haryo Priyo Jokowi saat berada di Persemaian Mentawir. (

Usai berkeliling di Persemaian Mentawir, rombongan CEO juga diajak melihat secara langsung proyek dan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Sumbu Kebangsaan dan perkembangan pembangunan Istana Negara di IKN.

Penanaman itu jadi suatu tanda komitmen dan wujud nyata dari kolaborasi seluruh elemen bangsa, termasuk pelaku sektor usaha, untuk bahu membahu mewujudkan ekonomi berkelanjutan menuju Indonesia Emas.

Setelah itu, kegiatan pun dilanjutkan ke acara puncak Kompas100 CEO Forum Powered by PLN, yaitu dialog antara Jokowi dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju dengan para CEO. Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan glamping IKN.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan pidato arahan seputar isu perekonomian terkini dan kebijakan yang telah diambil pemerintah. Ia juga berkenan berdialog dengan menjawab sejumlah pertanyaan dari para CEO.

Selain kegiatan dialog, acara juga dimeriahkan oleh penampilan Tim Kuaetnika dan Tri Utami yang menghadirkan pertunjukan musik dipadukan keragaman budaya Nusantara.

Suksesnya gelaran Kompas100 CEO Forum Powered by PLN berkat kolaborasi Harian Kompas bersama PT PLN (Persero) sebagai sponsor utama.

Kegiatan tersebut juga merupakan dukungan dari sejumlah pihak, seperti East Ventures, AIA Indonesia, PT Freeport Indonesia, Telkom Indonesia, Danone Indonesia, Pertamina, PT Bank Central Asia TBK, dan Unilever Indonesia.

Selanjutnya, PT Dayamitra Telekomunikasi TBK, Vinilon Group, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), Sinarmas, GOTO, Pupuk Kaltim, PT Bank Syariah Indonesia TBK, PT Bank Negara Indonesia TBK, dan Siloam Hospitals.

Untuk informasi, lebih lanjut terkait Kompas100 CEO Forum Powered by PLN ke-14, silakan cek akun instagram @kompas100ceoforum dan laman kompas100.kompas.id

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com