Advertorial

Kota Deltamas Selenggarakan Deltamas Matsuri 2023, Dimeriahkan Bintang Tamu Kenamaan dan Rangkaian Acara Seru

Kompas.com - 06/11/2023, 20:36 WIB

KOMPAS.com - Kota Deltamas kembali menyelenggarakan festival kebudayaan Jepang dan Indonesia “Deltamas Matsuri” di Lapangan Samping Marketing Office Kota Deltamas, Sabtu (4/11/2023) dan Minggu (5/11/2023).

Festival tahunan tersebut diselenggarakan untuk membangun silaturahmi dan hubungan harmonis antara komunitas lokal dan ekspatriat Jepang yang tinggal serta bekerja di Kota Deltamas.

Acara tersebut juga menjadi ajang pertunjukan keberagaman budaya Jepang dan Indonesia sekaligus untuk mendorong industri kreatif komunitas dari kedua negara di sekitar Kota Deltamas, seperti Jakarta dan Jawa Barat.

Direktur Operasional Kota Deltamas Tommy Satriotomo mengatakan, Deltamas Matsuri bukan sekadar acara festival budaya. Lebih dari itu, acara ini menjadi momentum penting dalam mendukung pembangunan keberagaman komunitas di Kota Deltamas.

Apalagi, lanjutnya, jumlah ekspatriat Jepang terus bertumbuh. Mereka umumnya bekerja di kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC) yang berada di Kota Deltamas, serta sekitar Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Festival ini diisi dengan serangkaian acara yang biasa dilakukan di Jepang saat menyambut bunga sakura bermekaran. Jadi, kami berharap, festival ini dapat mengobati rasa kangen para ekspatriat Jepang,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (6/11/2023).

-Dok. Bumi Serpong Damai -

Deltamas Matsuri 2023 digelar secara gratis dan terbuka untuk masyarakat umum, mulai dari pukul 10.00-21.00 WIB. Festival ini dimeriahkan sederet bintang tamu, di antaranya Kotak Band, J-Rocks, Amai Monogatari, Elaine, Kirashi Dream, Rozen Girl, Shirai Metal, Yuriwa, Shunsuke, dan Hiro Umeda.

Festival juga diramaikan dengan suguhan Cosplay Parade dan kompetisi olahraga dari tenant GIIC, serta kehadiran bazar yang diikuti lebih dari 140 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Bazar ini menyajikan ratusan menu kuliner khas Indonesia dan Jepang. 

Sebagai informasi, Deltamas Matsuri diselenggarakan oleh Kota Deltamas bekerja sama dengan Komunitas Alumni Jepang di Indonesia dan Kota Deltamas (KAJI) serta didukung oleh Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang, Japan Foundation, Japan External Trade Organization (JETRO), Japan National Tourism Organization (JNTO), The Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships (AOTS), Cikarang Japan Club (CJC), Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Bekasi, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kabupaten Bekasi, Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) di Indonesia, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com