Advertorial

Sukses Digelar, Annual HR Conference ke-13 Dihadiri 800 Profesional HR

Kompas.com - 07/11/2023, 12:51 WIB

KOMPAS.com – Salah satu penyedia layanan sistem manajemen sumber daya manusia (HRIS) terkemuka di Asia Tenggara, DataOn Humanica, menggelar Annual HR Conference ke-13 di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Mengusung tema “Crafting an Inspiring, Human-Centric Workplace”, acara tersebut menggaet lebih dari 800 professional human resource (HR) dan pakar dari berbagai industri. Mereka terlibat dalam forum diskusi menarik dan edukatif seputar masa depan ruang kerja yang berorientasi pada manusia.

Pada gelaran tahun ini, DataOn Humanica menghadirkan dua pembicara utama, yaitu Chief Product Officer (CPO) Gojek Herman Cahyadi dan Country Manager IBM Indonesia Husein Samy.

Rangkaian acara dibuka oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Afriansyah Noor yang memberikan pidato terkait dukungan pemerintah terhadap kemajuan praktik-praktik HR yang inovatif.

Konferensi kemudian dilanjutkan dengan berbagai diskusi menarik seputar employee experience dan mengelola perubahan dalam perusahaan.

Adapun sorotan utama dalam Annual HR Conference ke-13 meliputi pembahasan mendalam mengenai artificial intelligence (AI) serta peluncuran fitur AI terbaru dalam peranti lunak HRIS besutan DataOn Humanica, yaitu SunFish Workplaze.

Pembicara pertama dalam DataOn Humanica’s 13th Annual HR Conference 2023 adalah Presiden Direktur DataOn sekaligus Chief Technology Officer (CTO) Humanica Group Gordon Enns.

Pada kesempatan itu, Gordon membahas peran penting employee experience dalam meningkatkan produktivitas, performa, dan nilai perusahaan.

Gordon mendemonstrasikan bagaimana teknologi dapat menjadi fondasi yang transparan, efisien, berbasis data, dan obyektif bagi perusahaan, serta menyatukan elemen-elemen tersebut untuk meningkatkan employee experience.

Selepas pemaparan dari Gordon, Development Manager DataOn Abdi Wirawan dan Sales Manager DataOn Hendra Koni Praja memamerkan fitur praktis dalam SunFish Workplaze yang didesain untuk menciptakan employee experience unggul.

Herman Cahyadi dan Husein Samy kemudian juga membagikan wawasan dan pandangan mereka dalam industri HR.

Herman secara spesifik memaparkan tentang manfaat HR as a shared service untuk perusahaan berskala besar demi mendorong penyelarasan dan inovasi dalam bidang HR di berbagai lokasi.

Sementara itu, Husein memaparkan topik AI, khususnya implementasi nyata AI dalam dunia HR, yang sedang hangat di berbagai industri.

Konferensi kali ini kian spesial dengan peluncuran fitur AI pada peranti lunak SunFish Workplaze.

Gordon menjelaskan bahwa pengadaan fitur AI merupakan salah satu bukti komitmen DataOn Humanica untuk terus berinovasi dan mengikuti tren teknologi, serta perkembangan jaman.

“Sebagai perusahaan berbasis teknologi, kami berkomitmen untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi dan salah satunya tentunya adalah AI. Kami percaya bahwa AI memiliki potensi besar dalam industri HR,” jelas Gordon dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (6/11/2023).

Dengan mengombinasikan AI dan SunFish Workplaze, sambung Gordon, pihaknya yakin dapat semakin membantu para klien untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan manajemen karyawan.

Pada konferensi tersebut, para partisipan juga mendapatkan kesempatan eksklusif untuk melihat langsung demonstrasi fitur-fitur AI SunFish Workplaze yang dipandu oleh UI/UX Design Leader DataOn Ricky dan Pre-sales DataOn Kevin Ronaldo.

Praktisi HR terkemuka lainnya yang turut memeriahkan konferensi tersebut dengan pengalaman dan wawasannya adalah Chairperson Human Resources Association Bali Vira Risnayani.

Ia menekankan pentingnya kolaborasi dan hubungan yang bermakna dalam mendorong keterlibatan dan pertumbuhan karyawan.

Acara tersebut juga menghadirkan Co-Founder dan Chief Executive Officer (CEO) Lighthouse Consulting sekaligus CEO Humanica Consulting Akshat Joshi.

Ia turut membahas pentingnya mengelola perubahan ketika mengimplementasikan sistem TI baru dan langkah-langkah yang diperlukan untuk kesuksesan transisi.

Direktur HR Jumeirah Bali Ety Setiawati juga hadir untuk berbagi kisah sukses penerapan platform SunFish Workplaze yang menunjukkan manfaat teknologi dalam merampingkan operasi HR dan meningkatkan pengalaman karyawan.

Hal menarik lainnya dalam Annual HR Conference ke-13 adalah debut program penghargaan InspireHR Awards dari DataOn. Penghargaan ini hadir untuk mengapresiasi pencapaian perusahaan-perusahaan dalam praktik HR.

Adapun pemenang penghargaan tersebut adalah PT Kino Indonesia Tbk yang meraih Excellence in HR Innovation dan PT Eigerindo Multi Produk Industri untuk kategori Excellence in HR Change Management.

DataOn menilai bahwa kedua perusahaan ini telah mencerminkan praktik HR yang sangat luar biasa dalam bidangnya masing-masing.

Untuk menambahkan sentuhan kesenangan, konferensi tersebut juga dilengkapi dengan area pameran yang menampilkan fitur-fitur terbaru SunFish Workplaze, Payroll Outsourcing, dan layanan Humanica Consulting. Ada pula aktivitas-aktivitas menarik lain, seperti VR racing, 360 photo booth, dan memory game.

DataOn Humanica’s Annual HR Conference ke-13 ditutup oleh penampilan spesial dari ADA Band yang membawakan lagu-lagu populer mereka, seperti “Manusia Bodoh", "Masih", dan "Seharusnya".

Semua partisipan terlihat sangat senang dan antusias bernyanyi bersama dengan grup musik legendaris dari Indonesia tersebut.

Ajang tersebut diharapkan dapat membuat para praktisi HR di Indonesia menjadi lebih terinspirasi dan lebih siap untuk menciptakan ruang kerja yang berpusat pada manusia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com