Advertorial

Kabar Gembira, Program Internship dan Beasiswa Data Analyst DQLab Tetris Kembali Dibuka

Kompas.com - 07/11/2023, 16:15 WIB

KOMPAS.com – Di era digital, generasi muda perlu memiliki keterampilan serta pengetahuan di bidang teknologi dan data. DQLab sebagai platform belajar online Data Science di bawah naungan Universitas Multimedia Nusantara dan Xeratic menghadirkan program beasiswa dan internship Tetris Batch 4.

Program beasiswa tersebut bertujuan untuk memfasilitasi generasi muda dalam mempelajari keterampilan data science yang diperlukan untuk memulai karier di industri digital yang sedang berkembang pesat.

DQLab Tetris Program memberikan kesempatan bagi para calon profesional di bidang data untuk mempersiapkan diri serta berkarier di industri. Program inovatif ini menawarkan akses Fast Track Data Analytics Program yang sesuai dengan kebutuhan calon talenta data.

Dengan didukung penuh oleh mentor ahli dan materi pembelajaran yang mencerminkan kebutuhan skill di industri saat ini, program beasiswa Tetris Batch 4 membantu peserta menemukan jalan untuk mengembangkan keterampilan serta pengetahuan yang dibutuhkan untuk sukses dalam karier di ranah data dan teknologi.

President Director ICE Indonesia Emmanuel Ernawan selaku partner perusahaan DQLab Tetris Batch 4 berharap, peserta program beasiswa tersebut dapat meningkatkan kualitas diri.

“Semoga para peserta dapat meningkatkan kualitas diri dan lebih detail sehingga dapat membantu perusahaan ICE Indonesia untuk menggali serta memutuskan perencanaan ke depan,” ujar Emmanuel dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (7/11/2023)

Tetris Program Batch 4 menawarkan kesempatan bagi peserta untuk memiliki pengalaman kerja berkolaborasi langsung dengan petinggi perusahaan ternama di Indonesia, membangun networking di berbagai industri, mendapatkan e-certificate yang terakreditasi, berkesempatan untuk scale-up kredibilitas dengan portfolio data dari project nyata di perusahaan, dan peluang untuk bekerja di perusahaan unggulan.

Business Development Director Xeratic Victor Gunawan mengatakan bahwa lulusan Tetris pada batch sebelumnya memiliki potensi skill data yang sesuai dengan kebutuhan industri.

“Dari awal kami join dengan Tetris, program ini diperkenalkan oleh DQLab dengan talenta data terbaik yang sebelumnya tidak pernah kami pikirkan. Kami melihat ini sangat bermanfaat, terlebih teman-teman dari Tetris memiliki kemampuan di atas rata-rata sehingga dapat bekerja sama dengan client base kami,” kata Victor.

DQLab menggandeng perusahaan ternama di Indonesia untuk memberikan peluang karier selama 19 minggu untuk masa internship bersama CEO, direksi, dan pimpinan perusahaan.

Perusahaan tersebut di antaranya adalah Biofarma, BCA, Kompas.id, KGX logistic, ICE Indonesia, TBS Food, Amtiss, Amartha, Dreambox, Xeratic, UMN, Inoventi, Agile Technica, Mindtera, PT. Tiga Pilar Familia, dan Indotrading.

Manager DQLab Yovita Surianto berharap, program dapat dapat memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan proses belajar di bidang data.

“Lewat program Tetris, DQLab berharap dapat memberikan pengalaman kepada peserta melalui proyek data nyata. Hal ini akan menjadi aset kuat dan mengakselerasi proses belajar di bidang data. Saya antusias untuk melihat peserta Tetris batch 4 dalam belajar, membangun network, dan mulai terjun menangani kompleksitas data industri,” ujar Yovita.

DQLab Tetris Program telah berhasil meluluskan 126 alumnus Tetris untuk bekerja di perusahaan ternama di Indonesia.

Salah satu alumnus Tetris Batch 1 Elkan Jeremy kini menjadi Data Analyst Intern di Kawan Lama Group. Ia mengaku bahwa program beasiswa DQLab menjadi kesempatannya membangun citra yang baik sehingga memiliki kredibilitas di mata perusahaan.

“Banyak ilmu baru saya dapatkan selama mengikuti program Tetris, salah satunya adalah pemahaman bahasa kueri terstruktur (SQL). Mulai dari cara instalasi, dasar fondasi, hingga bagaimana mengganti script & query yang tersedia di SQL. Dalam program ini pula, saya baru mengenal bahasa R," ujar Elkan.

Salah satu alumnus Tetris Batch 2 Bagas Pragasto juga mengaku sangat terbantu dan cocok dengan skema dan model pembelajar yang tersedia pada program Tetris.

“Proses belajar Tetris Batch 2 sangatlah berkesan. Mulai dari mengenal SQL, Python untuk membuat web aplikasi, dan Pentaho yang unik serta ramah untuk pemula. Berkat Tetris Batch 2, saya berkesempatan untuk bekerja secara fulltime di Efishery,” tutur Bagas.

Lulusan Batch 3 Faisal Akbar mengaku bahwa pembelajaran di DQLab dan Tetris berhasil membentuk fundamental data dalam kesiapannya dalam berkarier.

“Proses belajar pada Tetris program sangat menggambarkan kasus riil di industri. Setelah intern, saya akan mempunyai hard skill pemrograman dan pemahaman source data. Namun, semua lebih kompleks di industri. Tidak Hanya hard skill, tetapi juga bekerja dalam tim komunikasi dan manajemen waktu,” kata Faisal.

Program Tetris Batch 4 terbuka bagi mahasiswa aktif yang bersedia kerja selama 19 minggu. Selain itu, juga terbuka untuk lulusan SMK, D3, D4, dan fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan di bidang data dan tidak terikat kontrak pekerjaan.

Dengan demikian, peserta akan membangun pengalaman dari sisi kompetensi, networking secara langsung dengan perusahaan hingga kesiapan pada proses rekrutmen.

Registrasi Tetris Program Batch 4 #TemukanJalanmu di Bidang Data terbuka hingga Kamis (30/11/2023). Daftarkan diri kamu melalui link berikut https://dqlab.id/registrasi-tetris-batch-4.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com