Advertorial

BPDPKS Terima Award Kemitraan UKMK dan Petani Sawit Milenial dari Aspekpir

Kompas.com - 08/11/2023, 18:00 WIB

KOMPAS.com – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mendapat dua penghargaan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (Aspekpir) Award 2023.

Pertama, penghargaan untuk kategori Kemitraan serta Pemberdayaan Usaha Kecil, Menengah, dan Koperasi (UKMK) Berbasis Kelapa Sawit Pola Inti Rakyat (PIR).

Kedua, penghargaan untuk kategori Kemitraan dalam Pemberdayaan Petani Kelapa Sawit Milenial.

Penghargaan bagi badan layanan umum di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) itu diberikan dalam rangkaian acara Musyawarah Nasional (Munas) Ke-1 Aspekpir Indonesia 2023 yang digelar di Pekanbaru, Riau, pada Minggu (5/11/2023) hingga Senin (6/11/2023).

Adapun penghargaan diserahkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Andi Nur Alam Syah yang didampingi Ketua Umum Aspekpir Setiyono kepada Kepala Divisi UKMK BPDPKS Helmi Muhansyah.

Selain BPDPKS, Aspekpir Award juga diberikan untuk Kategori Lifetime Achievement kepada tokoh perkebunan kelapa sawit, yakni Gamal Nasir, Rusman Heriawan, dan Lukmansyah, yang merupakan pencetus nama Aspekpir.

Kemudian, penghargaan kategori Kemitraan Perusahaan Perkebunan Inti Kelapa Sawit PIR Indonesia diberikan kepada PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V, Sinar Mas Group, Asian Agri, dan Astra Agro Lestari.

Adapun Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) juga menerima penghargaan untuk kategori Asosiasi Pendukung Kemitraan Inti Plasma Kelapa Sawit PIR Indonesia.

Selanjutnya, kategori Kemitraan Media Aktif Memberitakan Petani Kelapa Sawit PIR diberikan kepada infosawit.com, elaeis.co, dan Majalah Media Perkebunan.

Sementara, kategori Kelembagaan Koperasi Petani Kelapa Sawit Termaju 2023 diberikan kepada Koperasi Unit Desa (KUD) Mukti Jaya yang bermitra dengan PT Berkah Sawit Suka Maju, Sumatera Selatan.

Lalu, kategori Kelembagaan Koperasi Petani Kelapa Sawit Paling Inovatif 2023 diberikan kepada Koperasi Produsen Makmur Tani Indonesia yang bermitra dengan PT Karya Tanah Subur, Aceh Barat, Aceh.

Untuk kategori Kelembagaan Koperasi Petani Kelapa Sawit serta Kemitraan Inti Plasma Terbaik 2023 diberikan kepada KUD Mukti Lestari yang bermitra dengan PT Ramajaya Pramukti dan Koperasi Produsen Kijang Mas Lestari yang bermitra dengan PT Buana Wiralestari Mas.

Penghargaan tersebut juga diberikan kepada KUD Karya Dharma III dan KUD Mekarti Jaya yang bermitra dengan PTPN V, KUD Bina Usaha Baru dan KUD Mulus Rahayu yang bermitra dengan PT Inti Indosawit Subur, serta KUD Amanah dan KUD Mulia yang bermitra dengan PT Astra Agro Lestari.

Sebagai informasi, Munas Aspekpir sendiri memiliki agenda utama Pemilihan Ketua Umum Aspekpir Indonesia periode 2023-2028. Pada pemilihan ini, Setiyono kembali terpilih secara aklamasi.

Pada kesempatan tersebut, Setiyono menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan anggota Aspekpir Indonesia untuk memimpin Aspekpir hingga lima tahun ke depan.

“Salah satu agenda yang harus dituntaskan adalah masalah data keanggotaan,” ujar Setiyono dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (8/11/2023).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com