Advertorial

Dari Es Krim hingga Motor Listrik, Berbagai Inovasi Pelajar Ramaikan Krenova Klaten 2023

Kompas.com - 08/11/2023, 18:29 WIB

KOMPAS.com – Sebanyak 15 peserta menampilkan berbagai inovasi hasil kreativitas mereka pada acara final ajang Krenova Klaten tingkat pelajar 2023. Kegiatan ini diselenggarakan di Pendapa Ageng, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (8/11/2023).

Beberapa inovasi yang ditampilkan pada lomba tersebut, yaitu es krim penambah zat besi, sabun dari tanaman, dan motor listrik.

Berbagai inovasi yang ditampilkan di ajang itu pun menarik perhatian Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten Jajang Prihono. Ia menilai, karya yang dibawakan para peserta memiliki banyak manfaat dan dapat diaplikasikan di berbagai bidang.

“Luar biasa, ternyata anak-anak tingkat SMP-SMA punya kemampuan untuk menciptakan inovasi yang baru dan bermanfaat, baik dari sisi teknologi maupun pangan. Semoga penyelenggaraan ajang ini bisa terus ditingkatkan,” ujarnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Rabu (8/11/2023).

Untuk diketahui, ajang Krenova Klaten 2023 diikuti oleh para pelajar tingkat SMP dan SMA dari berbagai sekolah di Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten (Subosukawonosraten).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Klaten, Pandu Wirabangsa menjelaskan bahwa penyelenggaraan Krenova Klaten 2023 bertujuan untuk mendorong kreativitas pelajar dalam menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi khalayak.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong kesadaran pelajar memiliki budaya kreatif dan inovatif sejak muda,” katanya.

Pandu pun berharap, kegiatan tersebut dapat memacu generasi muda untuk terus menciptakan serta mengembangkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.

Berikut adalah daftar pemenang Krenova Klaten tingkat pelajar 2023.

Juara 1: Penyajian Jamu Tradisional J-JETSU (Sukoharjo 1).

Juara 2: Edora Ice Cream Pencegah Anemia (Surakarta).

Juara 3: Manjeda Solusi Ketersediaan Air Sehat Layak Konsumsi (Wonogiri).

Harapan 1: Motor Listrik & Alat Pembersih Sampah Otomatis (SMK Penda 2 Karanganyar).

Harapan 2: Pair Dry Pengering Sepatu (SMK Leonardo Klaten).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com