Advertorial

Rayakan Inovasi dan Keunggulan, MMA Global Indonesia Umumkan Pemenang SMARTIES Indonesia Awards 2023

Kompas.com - 09/11/2023, 12:11 WIB

KOMPAS.com – Asosiasi perdagangan pemasaran dan periklanan terkemuka di Indonesia, MMA Global Indonesia, mengumumkan para pemenang SMARTIES™ Indonesia Awards 2023 di The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, Jumat (3/11/2023).

Acara penganugerahan penghargaan yang dibalut dengan gala mewah tersebut dihadiri pemimpin industri, inovator, serta pemimpin pemasaran untuk merayakan prestasi dalam bidang periklanan dan pemasaran.

Adapun SMARTIES™ Indonesia Awards 2023 terdiri atas enam kategori penting yang menyoroti keunggulan dan inovasi dalam industri, yaitu Marketing Impact, Purpose-Driven Marketing, Impact Media, Emerging Tech Marketing, E-commerce Marketing, dan Creative.

Penghargaan pada tahun ini disambut antusias oleh pelaku industri periklanan dan pemasaran. Sebanyak lebih dari 500 submissions yang mencakup beragam spektrum lebih dari 20 kategori.

Setiap pengajuan mengalami proses evaluasi secara teliti dan transparan. Dalam proses seleksi, para pre-screener yang terdiri dari pemimpin industri dan pengambil keputusan strategis berpengaruh secara cermat mengevaluasi setiap pengajuan.

Para penerima penghargaan dipilih dengan teliti oleh para juri terkemuka yang terdiri dari pemimpin industri serta pemimpin dalam industri pemasaran dan periklanan.

Proses evaluasi juga diawasi secara ketat oleh dua jury presidents berpengalaman dan terkemuka, yaitu Presiden Direktur Bank HSBC Indonesia Francois de Maricourt dan Managing Director Healthcare Business and Investment di Siloam International Hospitals Varun Khanna.

Selain itu, penjurian juga diawasi dengan adil oleh perwakilan dari Kantar, yakni Head of Media, Analytics, and Digital Nelson Loaiza dan Creative Solution Lead Ummu Hani. Keduanya membawa pengalaman luas, senioritas, dan wawasan yang tajam ke dalam proses ini.

Keterlibatan mereka tidak hanya menambah lapisan transparansi, tetapi juga menegaskan komitmen terhadap standar ketat yang mendefinisikan SMARTIES™ Awards.

Pada kesempatan itu, Francois De Maricourt mengucapkan selamat kepada semua pemenang. Sebab, ajang penghargaan tersebut merupakan pencapaian bersejarah yang menetapkan standar baru untuk keunggulan.

Ia sendiri mengaku senang dapat menyaksikan bakat industri yang mencampurkan keahlian kreatif dengan pemahaman mendalam tentang wawasan. Kombinasi ini memungkinkan pelaku industri periklanan dan pemasaran menciptakan kampanye yang memiliki sentuhan manusiawi yang tak tertandingi.

“Saya berkesempatan memimpin proses evaluasi yang intensif dan menantang. Kesempatan untuk memimpin dan berkolaborasi dengan para pemimpin ekosistem pemasaran dan periklanan begitu menginspirasi dan merupakan suatu kehormatan," kata Francois dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (8/11/2023).

Ia juga mengapresiasi MMA Global Indonesia karena telah memberikan pengakuan dan menginspirasi generasi berikutnya dalam hal pemikiran kreatif di industri periklanan dan pemasaran.

Country Head dan Anggota Dewan MMA Global Indonesia Shanti Tolani mengatakan bahwa SMARTIES™ Indonesia Awards merupakan penghargaan penting dalam industri pemasaran dan periklanan. Terlebih, inovasi di industri ini melonjak secara cepat akibat perkembangan teknologi.

“Di ranah digital yang telah merevolusi cara hidup dan terhubung, misi MMA Global Indonesia adalah untuk memajukan inovasi dalam industri periklanan dan pemasaran di Indonesia,” tuturnya.

Shanti pun mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada jury presidents terhormat dan panel ahli karena telah meluangkan waktu dan keahlian mereka selama proses evaluasi.

“Wawasan mereka sangat berharga. Untuk para pemenang, saya mengucapkan selamat yang tulus. Kemenangan mereka adalah bukti nyata dari bakat beragam yang terus mendorong batas-batas industri kita,” tutur Shanti.

Berikut adalah pemenang SMARTIES™ Indonesia Awards 2023.

  • Grand Prix/Best in Show: "BLACKPINK in Your Oreo"
  • Brand of the Year: Oreo
  • Advertiser of the Year: Unilever Indonesia
  • Holding Agency of the Year: WPP Indonesia
  • Creative Agency of the Year: Leo Burnett Indonesia
  • Media Agency of the Year: Mindshare Indonesia
  • Digital Agency of the Year: ALVA
  • Specialist Agency: Media.Monks
  • Publisher of the Year: Grab Indonesia
  • Enabling Technology Company of the Year: Yield Marketing Technology (YMT)

Adapun informasi daftar lengkap pemenang MMA SMARTIES Indonesia 2023 bisa dicek di laman berikut.

Sebagai informasi, SMARTIES™ Awards merupakan puncak pengakuan global untuk merayakan dan menghargai inovasi luar biasa yang membawa kesuksesan bisnis yang signifikan bagi merek, agen, perusahaan media, dan penyedia solusi.

Penghargaan merupakan bentuk apresiasi kepada konsep-konsep terobosan yang benar-benar menyentuh hati audiens di seluruh dunia.

MMA Global Indonesia berkomitmen untuk menyediakan platform ini bagi ekosistem pemasaran dan periklanan demi memajukan keunggulan dalam pemasaran dan periklanan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com