Advertorial

Unair Siapkan Acara Berbagi Kebahagiaan untuk Sesama pada Perayaan Dies Natalies Ke-69

Kompas.com - 09/11/2023, 13:52 WIB

KOMPAS.com - Universitas Airlangga (Unair) menggelar serangkaian acara Dies Natalis dalam rangka memperingati hari jadi ke-69.

Ketua Pelaksana Dies Natalis Ke-69 Unair Dr Koko Srimulyo, Drs, Msi, mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan rangkaian acara perayaan, baik khusus untuk sivitas akademika maupun masyarakat umum.

Perayaan Dies Natalis Ke-69 Unair dimulai dengan game building yang diikuti oleh dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa Unair. Kegiatan yang terdiri dari perlombaan estafet kelereng, susun gelas, dan lomba lain ini diadakan di Airlangga Convention Center pada Minggu (5/11/2023).

“Namun, perlu diketahui, sebelum rangkaian acara pada November dimulai, kami telah menyelenggarakan Rektor Cup UNAIR pada akhir September 2023,” ujar Koko dalam siaran pers yang diterima Kompas.com Kamis (9/11/2023).

Koko menambahkan, Rektor Cup UNAIR 2023 merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan Direktorat Kemahasiswaan UNAIR.

Kejuaraan tersebut melombakan beragam cabang olahraga, seperti voli, futsal, tenis meja, catur, bulu tangkis, basket, dan tenis lapangan. Tak hanya itu, terdapat juga kompetisi e-sport, seperti Mobile Legend dan PES.

“Setelah game building, kegiatan kami lanjutkan dengan acara fun bike dan mancing bareng pada Minggu (12/11/2023). Kegiatan Fun Bike dibuka untuk umum. Sementara, Mancing Bareng hanya dibuka untuk sivitas akademika Unair. Kegiatan Mancing Bareng diikuti 150-200 pemancing yang menyebar di seluruh penjuru danau Unair,” tutur Koko.

Usai dua kegiatan tersebut, lanjut Koko, ada juga acara Airlangga Run dengan rute sepanjang 6,9 km yang akan diadakan pada Minggu (19/11/2023).

Acara itu terbuka untuk umum dan akan berlangsung mulai pukul 06.30 sampai selesai.

“Kami memberikan rute sepanjang 6,9 km untuk Airlangga Run agar selaras dengan Dies Natalis Ke-69. Kalau dikasih 69 km, nanti enggak ada yang kuat,” terang Koko.

Setelah Airlangga Run, panitia akan mengadakan acara puncak selama dua hari, yakni pada Sabtu (25/11/2023) dan Minggu (26/11/2023).

Pada acara tersebut, Unair akan menggelar bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta konser musik.

Adapun bintang tamu yang dihadirkan untuk memeriahkan konser musik adalah Klantink dan Pusakata.

“Masyarakat umum juga bisa hadir di acara puncak tersebut. Di setiap sela-sela acara yang ada, kami menyediakan berbagai hadiah dan door prize menarik. Hadiah tersebut sudah disiapkan khusus oleh Unair untuk para peserta yang hadir saat acara,” terang Koko.

Salah satu hadiah tersebut, tambah Koko, adalah umrah gratis bagi peserta yang beragama Islam. Sementara untuk nonmuslim, panitia telah menyiapkan hadiah lain yang nominalnya sama dengan biaya umrah.

“Misal Kristen atau Katolik bisa ke Yerusalem. Kalau Hindu ke India atau tempat lain. Hadiah yang disiapkan oleh panitia merupakan upaya untuk membuat sivitas akademika dan khalayak umum merasa bahagia saat mengikuti rangkaian acara ulang tahun Unair,” jelas Koko.

Sementara itu, Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih, SE, MT, Ak, menambahkan bahwa dalam rangka peringatan Dies Natalis Ke-69, pihaknya akan membagikan 69 sepeda kepada sivitas akademika.

"Tujuannya agar green campus juga dapat tercipta sehingga penggunaan mobil dan motor dapat dikurangi bersama-sama," ujarnya.

Nasih menambahkan, selain berbagai perlombaan yang telah dijelaskan, Unair juga menggelar lomba membuat udeng atau ikat kepala khas universitas tersebut atau Surabaya pada umumnya.

“Udeng yang dilombakan harus memiliki kekhasan dibanding udeng-udeng dari daerah lain,” jelasnya.

Nasih menambahkan, Unair juga akan mengadakan upacara dan kegiatan tasyakuran pada Jumat (10/11/2023).

“Puncaknya kegiatan Dies Natalis ini akan digelar Sidang Dies Natalis 69 Tahun Unair pada Rabu (15/11/2023). Pada kegiatan ini, kami akan mengundang tamu utama, yakni Carina Joe yang menghasilkan vaksin AstraZeneca," kata Nasih.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com