Advertorial

Peringati Hari Pahlawan ke-78, Pemkab Klaten Gelar Upacara dan Ziarah Makam Pahlawan

Kompas.com - 10/11/2023, 15:09 WIB

KOMPAS.com – Sebagai bentuk peringatan Hari Pahlawan ke-78, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar upacara serta ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Ratna Bantala, Jumat (10/11/2023).

Bupati Klaten Sri Mulyani bertindak sebagai inspektur dalam upacara yang berlangsung di Halaman Pendopo Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Klaten itu.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi wanita se-Kabupaten Klaten, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Klaten, serta pelajar tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

Mewakili Menteri Sosial Tri Rismaharini, Bupati Klaten menyampaikan bahwa Hari Pahlawan ke-78 mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

“Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa, seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, dan kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” jelas Sri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (10/11/2023).

Usai membacakan sambutan Mensos, Sri Mulyani juga berpesan agar peringatan Hari Pahlawan ke-78 tak sekadar acara peringatan belaka, tetapi juga harus sarat makna.

“Setiap peringatan Hari Pahlawan, (kita) harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Bupati Klaten.

Menurutnya, Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi yang mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial serta memberikan pelayanan sosial bagi yang membutuhkan pertolongan sosial.

Peringatan upacara Hari Pahlawan semakin khidmat dengan pembacaan pesan-pesan pahlawan nasional, seperti Ki Hadjar Dewantara, Cut Nyak Dhien, Gubernur Suryo, R A Kartini, Moh Yamin, Pattimura, dan Nyi Ageng Serang.

Setelah prosesi upacara, para peserta dan tamu undangan pun melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Ratna Bantala Kabupaten Klaten yang dipimpin langsung oleh Bupati Klaten.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com